Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Bakal Kebut Realisasi Investasi di IKN Usai Perayaan HUT ke-79 RI

Jokowi Bakal Kebut Realisasi Investasi di IKN Usai Perayaan HUT ke-79 RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bakal mengejar realisasi dari sejumlah komitmen investasi yang masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) usai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI).

“Nanti akan kita kumpulkan lagi dan tanda tangan PKS (Perjanjian Kerja Sama) nya sudah realisasi semua,” kata Jokowi dalam keterangan persnya, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (28/7).

Dia mengklaim, bahwa sejauh ini sudah ada 300 lebih investor yang telah berkomitmen untuk menanamkan modalnya di IKN, baik itu investor dari dalam maupun luar negeri alias asing.

Namun, lanjut Jokowi, pemerintah memang sebelumnya masih menunggu regulasi dari Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) yang akan memuluskan realisasi investasi ke IKN yang ada di Kalimantan Timur tersebut.

“Sudah banyak komitmen tiga ratusan, tetapi kita memang masih menunggu regulasi yang ada di OIKN,” ungkap Jokowi.

Adapun untuk saat ini, Kepala negara itu memastikan bahwa regulasi tersebut saat ini sudah rampung, sehingga ke depan pihaknya akan segera mengejar para calon investor IKN yang sebelumnya telah menyatakan komitmennya.

Nantinya, para calon pemodal itu akan diajak untuk melihat lagi perkembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara, yang menurutnya telah mengalami banyak perubahan.

“Sekarang Ini nanti baru membuka yang Letter Of Intent, Leter of interest yang sudah masuk akan mulai diundang lagi untuk melihat, dan kita lihat memang ya perubahannya kecepatannya sudah keliatan,” pungkasnya.

Sebagai informasi bahwa sebelumnya, Otorita IKN menargetkan total investasi yang masuk dapat tembus Rp100 triliun hingga akhir 2024.

Mantan Kepala OIKN, Bambang Susantono sebelumnya pernah menyebut, bahwa pihaknya telah meneken kerja sama dengan Indonesia Investment Authority (INA), guna mempercepat kurasi minat investasi para investor.

“Intinya adalah kita ingin mempercepat realisasi dari investasi di kita, baik asing maupun lokal. Sehingga, nantinya kecepatan dalam pembangunan di IKN itu bisa terwujud dengan baik,” tutur Bambang, pada bulan Mei 2024 lalu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.

BI Catat Penyaluran Kredit Tumbuh 11,40 Persen

Bank Indonesia (BI) melaporkan penyaluran kredit oleh perbankan per Agustus 2024 mengalami pertumbuhan sebesar 11,40 persen secara tahunan (yoy).