Munas FOZ Jadi Komitmen Indonesia Kurangi Ketimpangan Sosial Lewat Zakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman mengatakan bahwa Forum Zakat adalah sebuah wadah para pelaku amil zakat untuk bisa berkolaborasi menampung dan menyalurkan zakat yang diamanahkan umat kepada para mustahik (penerima zakat).

Apalagi kata dia, penyaluran zakat ini menjadi salah satu upaya untuk mendukung jalannya program-program pemerintah dalam konteks pengentasan kemiskinan masyarakat.

“Forum Zakat sebagai forum yang mewadahi berbagai lembaga zakat di Indonesia, memiliki peran vital dalam mendukung program-program pemerintah,” kata Bambang dalam keterangannya yang diterima Holopis.com, Selasa (16/7).

FOZ, sebagai asosiasi lembaga pengelola zakat, mengumpulkan Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) dari seluruh Indonesia.

Kali ini, Forum Zakat akan menggelar Musyawarah Nasional ke-10 Forum Zakat (FOZ) yang diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat. Acara pembukaan dilakukan secara simbolik oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin di Istana Wapres Jakarta.

Bambang menyebut bahwa Munas FOZ ini merupakan agenda yang diselenggarakan rutin setiap tiga tahun sekali.

“Untuk pemilihan ketua umum periode baru,” jelasnya.

Dalam kesempatan Munas X FOZ ini, Bambang menyatakan bahwa organisasinya sedang ingin menunjukkan komitmen besarnya dalam pengembangan zakat di Indonesia, khususnya untuk menambah nilai kebermanafaatan bagi para penerima zakat.

Tidak hanya sekadar menyalurkan, akan tetapi lebih kepada pemberdayaan para mustahik agar bisa melakukan transformasi peningkatan taraf hidup mereka, menjadi lebih baik lagi.

“Munas ke-10 FOZ menegaskan komitmen Indonesia dalam mengembangkan zakat sebagai instrumen yang bermanfaat secara ekonomi dan sosial bagi masyarakat luas,” tandasnya.

“Dengan dukungan penuh dari pemerintah, OPZ, dan sektor swasta seperti Paragon, zakat diharapkan dapat semakin berperan dalam mengurangi ketimpangan sosial dan meningkatkan kesejahteraan bersama,” pungkas Bambang Suherman.

Sebagai informasi, Munas ke-10 Forum Zakat merupakan agenda rutin setiap tiga tahun untuk pemilihan ketua umum periode baru. Forum Zakat, sebagai asosiasi lembaga pengelola zakat, mengumpulkan Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) dari seluruh Indonesia. Dengan semangat kolaborasi, Munas ke-10 Forum Zakat diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam mewujudkan visi zakat sebagai sumber kekuatan ekonomi inklusif bagi bangsa Indonesia.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

PT MRT Jakarta Raih 3 Penghargaan TOP GRC Awards 2024

PT. MRT Jakarta, sabet tiga penghargaan tingkat nasional TOP Governance, Risk, and Compliance (GRC) Awards 2024.

Ancol Siapkan Kantong Parkir Berkapasitas 3 Ribu Mobil Penonton Konser Bruno Mars di JIS

Jelang konser kedua Bruno Mars di Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta Utara, Ancol pun telah menyediakan kantong parkir bagi para penonton.

Jokowi Minta Maaf ke Kabinet Indonesia Maju

Presiden Jokowi (Joko Widodo) memanfaatkan momen sidang kabinet terakhirnya di IKN untuk meminta maaf kepada para pembantunya di Kabinet Indonesia Maju.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru