Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Ini Daftar 17 Dubes yang Dilantik Presiden Jokowi Hari Ini

JAKARTA, HOLOPIS.COMPresiden RI Joko Widodo hari ini telah resmi melantik 17 (tujuh belas) Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBBP RI) untuk sejumlah negara sahabat.

Pengangkatan para Dubes LBBP RI ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 127/P Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 22 Oktober 2021, yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Usai pembacaan Keppres, Presiden Jokowi melakukan pengambilan sumpah bagi seluruh dubes yang dilantik.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan kepada para duta besar, di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/10) pagi.

Berikut daftar nama 17 Dubes LBBP RI yang dilantik hari ini:

  1. Mochamad Fadjroel Rahman, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan, berkedudukan di Nur-Sultan.
  2. Abdul Aziz Ahmad, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Arab Saudi, berkedudukan di Riyadh.
  3. Dewi Gustina Tobing, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka merangkap Republik Maladewa, berkedudukan di Kolombo.
  4. Bebeb A.K Nugraha Djundjunan, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Yunani, berkedudukan di Athena.
  5. Lena Maryaa, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Negara Kuwait, berkedudukan di Kuwait City
  6. R. Pribadi Sutiono, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Slowakia, berkedudukan di Bratislava.
  7. Muhammad Najib, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Spanyol merangkap United Nations World Tourism Organization (UNWTO), berkedudukan di Madrid.
  8. Ardi Hermawan, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Bahrain berkedudukan di Manama
  9. Ade Padmo Sarwono, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Yordania Hasyimiah merangkap Negara Palestina, berkedudukan di Amman.
  10. Mohammad Oemar, sebagaiDuta Besar LBBP RI untuk Republik Perancis, Kepangeranan Andorra, Keharyapatihan Monako dan United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO), berkedudukan di Paris.
  11. Tatang Budie Utama Razak, sebagaiDuta Besar LBBP RI untuk Republik Kolombia merangkap Antigua dan Barbuda, Barbados dan Federasi Saint Kitts dan Nevis, berkedudukan di Bogota.
  12. M.I. Derry Aman sebagai Duta Besar LBBP RI/Wakil Tetap RI untuk Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) berkedudukan di Jakarta.
  13. Arrmanatha Christiawan Nasir sebagai Duta Besar LBBP RI/Wakil Tetap RI untuk PBB dan Organisasi-organisasi Internasional Lainnya di New York, berkedudukan di New York dan International Seabed Authority (ISA).
  14. Febrian Alphyanto, sebagaiDuta Besar LBBP RI/Wakil Tetap RI untuk PBB, World Trade Organization (WTO) dan Organisasi-organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, berkedudukan di Jenewa.
  15. Siswo Pramono, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Persemakmuran Australia merangkap Republik Vanuatu, berkedudukan di Canberra.
  16. Okto Dorinus Manik, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Republik Demokratik Timor-Leste, berkedudukan di Dili.
  17. Rosan Perkasa Roeslani, sebagai Duta Besar LBBP RI untuk Amerika Serikat, berkedudukan di Washington DC.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut antara lain Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Bakal Lantik Pengganti Definitif Pramono Anung

Pihak Istana tidak menampik adanya peluang Presiden Jokowi (Joko Widdodo) untuk melantik Sekertaris Kabinet definitif pengganti Pramono Anung.

SBY Sambangi Prabowo Subianto Jelang Pelantikan

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendadak mendatangi kediaman Prabowo Subianto di kawasan Kertanegara, Jakarta.

Surya Paloh Copot Jabatan Ahmad Ali

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh secara resmi mencopot Ahmad Ali dari jabatannya sebagai wakil ketua umum.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru