BerandaNewsRagamHaidar Alwi Kasih Opsi ke Menkominfo dan Kepala BSSN : Mundur Atau...

Haidar Alwi Kasih Opsi ke Menkominfo dan Kepala BSSN : Mundur Atau Dimundurkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pendiri Haidar Alwi Institute, R Haidar Alwi ikut angkat bicara terkait insiden serangan ransomware Brain Chipper LockBit 3.0 terhadap Pusat Data Nasional (PDN) Sementara yang terjadi baru-baru ini. 

Atas hal itu, ia mengatakan bahwa pihak-pihak yang paling bertanggungjawab atas serangan siber yang membuat terganggunya sejumlah layanan publik terganggu itu harus mundur atau dimundurkan dari jabatannya. 

Adapun menurutnya, pihak yang paling bertanggungjawab terhadap jebolnya pusat data nasional itu adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Menteri Kominfo dan Kepala BSSN harus legowo mundur dari jabatannya atau dimundurkan oleh Presiden,” kata Haidar Alwi dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (28/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Menurut Haidar, mundur atau dimundurkan oleh Presiden merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kepada publik atas kegagalan menjalankan amanat yang diemban oleh mereka, dengan tetap melakukan evaluasi dan perbaikan untuk ke depannya.

Dia menuturkan, ketegasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menindaklanjuti permasalahan ini sangat dibutuhkan, guna menjaga kepercayaan publik agar tidak anjlok lebih dalam lagi. 

“Desakan publik semakin kuat dan mereka menantikan ketegasan itu,” ungkapnya.

Haidar lantas menegaskan, serangan yang terjadi di PDN sangatlah penting untuk diperhatikan dengan betul. Sebab hal ini tidak hanya menyebabkan kerugian negara dan mengganggu pelayanan publik, tapi juga telah mengancam pertahanan dan keamanan negara.

“Ada atau tidaknya data yang bocor, peretasan terhadap PDN telah mengancam pertahanan dan keamanan negara. Segala sesuatu yang menyangkut pertahanan dan keamanan negara tidak bisa ditolerir,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Muhadjir Sarankan PTS Keruk Uang Mahasiswa saat Wisuda

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyarankan para pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) untuk memanfaatkan momentum wisuda mahasiswa untuk mencari keuntungan.

Menkes Akui Obat di Indonesia Mahal-mahal, Lima Kali Lipat dari Malaysia

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengakui harga obat yang beredar di Indonesia cenderung mahal. Bahkan jika dibandingkan dengan Malaysia, harga obat di Tanah Air lebih mahal hingga 5 (lima) kali lipat.

Kemensos Klaim 28 Ribu Warga Miskin Sudah Mentas

Kementerian Sosial klaim berhasil mencetak 28.775 warga miskin menjadi mandiri dalam program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA).

Dua Orang Meninggal Dunia Tertimbun Tanah Longsor di Kabupaten Blitar

Bencana longsor melanda pemukiman warga yang ada di Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Selasa 2 Juli

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Selasa 2 Juli 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Selasa 2 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 2 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS