BerandaNewsPolhukamMahfud MD Percaya Prabowo Mampu Bikin KPK Kembali Berintegritas

Mahfud MD Percaya Prabowo Mampu Bikin KPK Kembali Berintegritas

“Ya kita tidak perlu terlalu pesimis karena sebenarnya seperti yang saya katakan berkali-kali, ini tergantung kepada pimpinan. Ini kan ada momentum terjadi pergantian kepemimpinan nasional, pemerintahan, kuncinya di situ,” kata Mahfud.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pakar hukum tata negara, Prof Mahfud MD mengatakan, bahwa kunci dari perbaikan kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ada di kepemimpinan nasional. Karenanya, ia menekankan bahwa masa depan KPK ada di tangan pimpinan nasional yang baru nanti, yakni Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Ya kita tidak perlu terlalu pesimis karena sebenarnya seperti yang saya katakan berkali-kali, ini tergantung kepada pimpinan. Ini kan ada momentum terjadi pergantian kepemimpinan nasional, pemerintahan, kuncinya di situ,” kata Mahfud MD dalam dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (27/6).

Menko Polhukam di Kabinet Indonesia Maju tersebut menyarankan, bahwa Presiden Prabowo nantinya tidak usah terlalu banyak memanggil KPK dan lebih baik membiarkan saja mereka bekerja sesuai dengan independensi dan integritasnya. Nantinya, KPK cukup memberi laporan tembusan ada peristiwa apa dan penindakan apa yang dilakukan.

“Komitmen saja, komitmen Pak Prabowo, saya akan memperbaiki penegakan hukum ini dan KPK sekarang harus lebih independen. Kalau bisa kembalikan minimal satu pasal yang dulu dicabut, komisioner itu mempunyai kewenangan untuk melakukan penyidikan dan penuntutan,” ujar Mahfud.

Penerbit Iklan Google Adsense

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008-2013 itu menerangkan, ada dua cara mengembalikan kewenangan seperti itu. Bisa usul ke DPR atau membuat Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) jika itu memang dirasa mendesak.

Mahfud menekankan, pengembalian satu pasal itu bisa membuat KPK kembali kuat dan setelah itu cukup biarkan saja KPK bekerja. Ia menyampaikan, sebenarnya jika KPK kuat salah satu yang akan menerima dampak baik tidak lain Presiden itu sendiri.

“Sebenarnya, Presiden itu enak loh kalau KPK-nya galak. Menurut saya, Presiden bebannya ringan, pemerintah itu bebannya ringan kalau KPK, biar saja itu tangkap penegak, dulu kan KPK itu untuk penegak hukum, untuk pengadilan buat penegak hukum, itu biar penegak hukumnya takut, menurut saya pemerintah akan terbantu kalau KPK kuat,” ujarnya.

Kemudian, Mahfud juga menilai bahwa di KPK mungkin ada dugaan praktik pemerasan seperti yang selama ini didengar publik. Bagi Mahfud itu bisa terjadi di mana saja, tidak hanya di KPK. Namun demikian, ia masih memiliki keyakinan bahwa lembaga ad hoc yang bertugas melakukan pemberantasan korupsi di Indonesia bisa kembali bertaring dan dipercaya publik.

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa komitmen penguatan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia menjadi salah satu narasi yang dikampanyekan Prabowo jika terpilih menjadi Presiden di Pilpres 2024. Salah satunya ketika ia menghadiri acara PAKU Integritas di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu 17 Januari 2024 lalu.

“Manakala saya nanti bersama saudara Gibran menerima mandat dari rakyat, saya bertekad untuk memimpin upaya pemberantasan korupsi dengan sungguh-sungguh dan total,” kata Prabowo.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Polda Jabar Tolak Semua Dalil Gugatan Pegi Setiawan di PN Bandung

Sidang praperadilan yang diajukan oleh Pegi Setiawan yang diduga sebagai Pegi Perong kembali dilanjutkan.

Kejaksaan Agung Tantang KPK Buka-Bukaan Nama

Kejaksaan Agung menyayangkan pernyataan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata yang menuduh kesulitan koordinasi antar lembaga penegak hukum.

Kapolri Listyo Janji Perbaiki Institusinya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan dalam pelaksanaan tugas Polri selama ini. Ia juga tak menampik masih adanya anggota Polri yang nakal yang justru meresahkan masyarakat.

Pemerintah Siapkan Skema Pemindahan ASN ke IKN

Pemerintah akan memfinalisasi skema pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara). Setidaknya, akan ada tiga cara pemindahan para ASN.

Menko Polhukam Pastikan PDNS Bakal Beroperasi Juli Ini dengan Metode Backup Berlapis

Sesuai dengan Perintah Bapak Presiden, bulan Juli sudah operasional normal dan kita backup keamanannya dengan berlapis sehingga tidak terjadi permasalahan yang sama seperti yang terjadi di bulan ini.

Tangkap 2 orang Kurir, Polisi Temukan 72 Kilogram Sabu di Rumah Kontrakan 

Jajaran Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menggerebek sebuah rumah kontrakan di daerah Parung Serab, Ciledug, Kota Tangerang. Dalam penggerebekan itu polisi berhasil menyita 72 Kilogram sabu.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS