BerandaNewsEkobizDalam Sepekan, Modal Asing Rp 780 Miliar Minggat dari RI

Dalam Sepekan, Modal Asing Rp 780 Miliar Minggat dari RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mencatat arus modal keluar atau capital outflow dalam sepekan terakhir cukup besar. Tercatat sepanjang pekan ketiga Juni 2024, modal asing yang keluar dari pasar keuangan domestik mencapai Rp 780 Miliar.

“Berdasarkan data transaksi 19–20 Juni 2024, nonresiden tercatat jual neto Rp 0,78 triliun,” kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (22/6).

Erwin menjelaskan, jumlah tersebut terdiri atas jual neto Rp 1,42 triliun di pasar saham, beli neto Rp 0,45 triliun di Surat Berharga Negara (SBN) dan beli neto Rp 0,19 triliun di Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI).

Adapun sepanjang tahun 2024, atau sejak awal tahun hingga 20 Juni 2024, aliran modal yang keluar dari pasar SBN tercatat mencapai angka Rp 42,10 triliun.

Penerbit Iklan Google Adsense

Kemudian pada periode yang sama, BI juga mencatat adanya aliran modal keluar dari pasar saham sebesar Rp 9,35 triliun. Di sisi lain, terjadi aliran modal masuk di SRBI sebesar Rp 117,77 triliun.

Seiring dengan itu, pria yang juga menjabat sebagai Asisten Gubernur BI itu melaporkan premi credit default swap (CDS) Indonesia 5 tahun per 20 Juni 2024 sebesar 76,04 bps. Angka tersebut relatif stabil dibandingkan 14 Juni lalu yang sebesar 76,40 bps.

Selanjutnya untuk tingkat imbal hasil SBN 10 tahun pada Jumat pagi (21/6) tercatat turun ke level 6,18 persen, dari yang sebelumnya pada Kamis (20/6) berada di level 7,1 persen.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Jumat pagi (21/6) dibuka pada level (bid) Rp 16.440 per dolar AS, dari level (bid) Rp16.425 per dolar AS pada penutupan perdagangan hari sebelumnya, Kamis (20/6).

Erwin menyampaikan, pihaknya ke depan akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait, serta mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk mendukung ketahanan eksternal ekonomi Indonesia.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Sri Mulyani Nilai Ekonomi Global Masih Lemah, Inflasi Global Masih Tinggi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai perekonomian global masih dalam posisi stagnan lemah. Karena inflasi global yang tinggi juga seakan 'keras kepala' akibat belum kunjung turun.

Bappebti Ajak Pengusaha Kelapa Sawit “Main” di Bursa CPO Mentah Indonesia

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia.

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS