Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizJokowi: Bangsa Kita Ini Senangnya Latah!

Jokowi: Bangsa Kita Ini Senangnya Latah!

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Jokowi mendorong pemerintah daerah untuk bisa lebih memajukan produk unggulan mereka sebagai komoditas ekonomi ketimbang mengikuti trend.

Pasalnya, dari penilaiannya selama ini, bangsa Indonesia dianggap kurang kreatif dan berani untuk memajukan produk unggulan yang mereka mampu. Yang terjadi, adalah sebatas mengikuti kemauan pasar dan malah mematikan prduk unggulan mereka sendiri.

“Kita ini kan senangnya latah. Karet ramai, semua menanam karet. Sawit ramai, semua menanam sawit. Sawit ambruk, semuanya juga ambruk. Karet harganya jatuh, semuanya juga ikut jatuh. Jangan seperti itu,” kata Jokowi dalam pembukaan Apkasi Otonomi Expo (tahun) 2021, Rabu (20/10).

Jokowi kemudian mendorong agar perdagangan antardaerah, antarpulau harus terus dikembangkan. Dimana setiap daerah sebaiknya fokus pada produk unggulannya.

“Jangan semuanya dikerjakan, sehingga nanti ke depan bisa saling menopang. Setiap daerah, saya ingatkan, perlu fokus pada produk unggulannya karena ketidakpastian tadi. Jadi, jangan (melihat) daerah lain,” tegasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengemukakan bahwa pasar dalam negeri memiliki potensial yang sangat besar karena jumlah penduduk mencapai 270 juta. Selain itu kondisi kelas menengah juga sedang bertumbuh sangat pesat.

“Ini yang harus menjadi peluang untuk memperkuat industri dalam negeri kita. Jangan sampai pasar yang besar ini diambil oleh negara-negara lain. Sekali lagi, setiap daerah harus fokus pada produk unggulannya sehingga bisa saling menopang, bisa saling mengisi, bisa saling melengkapi dalam value chain nasional kita,” tandasnya.

Jokowi kemudian juga berpesan kepada setiap daerah tidak lagi hanya menunjukkan produk dan objek-objek wisatanya, tapi juga menunjukkan bahwa iklim investasi di daerah-daerah saat ini semakin baik.

“Kepastian hukum semakin baik, kemudahan perizinan juga semakin baik. OSS (Online Single Submission) juga sudah berjalan dengan baik. Kepastian ini yang sebetulnya diperlukan oleh dunia usaha. Dengan cara ini, diselenggarakannya expo ini, juga kita harapkan bisa meningkatkan investasi di daerah, dan mempercepat membuka lapangan-lapangan kerja baru bagi masyarakat kita, dan menggerakkan ekonomi daerah,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.