JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kabar gembira untuk para pengguna apple, kini apple merilis produk barunya yaitu MacBook Pro 2021. Apple Meresmikan MacBook Pro barunya melalui event virtual yang bertema “Unleashed”, digelar pada Selasa dini hari (19/10).

Dalam acara peluncuran produk ini, bukan hanya MacBook aja tetapi juga ada yang lainnya. Walaupun produk terbarunya banyak yang dirilis, tentu MacBook Pro ini yang menjadi daya tarik utama.

Berbeda dari seri sebelumnya, MacBook Pro 2021 kini membawakan desain layar yang lebih baik dan dihiasi dengan notch alias poni seperti iPhone. Lalu Apa Saja Keistimewaan Dari MacBook Ini?

MacBook Pro menawarkan dua ukuran, yakni ukuran 14 inci dan 16 inci. Produk ini juga menawarkan display Liquid Retina XDR yang menggunakan teknologi mini LED. Refresh rate ini juga mencapai 120Hz, dan didukung oleh teknologi ProMotion dalam penghematan energi.

MacBook Pro juga dibekali dengan sistem macOS Monterey yang dirancang dengan memperhatikan pada performa dan kegunaanya. Masing-masing ukuran memiliki berat yang berbeda, di ukuran 14 inci mempunyai berat mencapai 1,5 kilogram dengan 15,5 milimeter, dan ukuran 16 inci memiliki berat 2,1 kilogram dengan tebal 16,8 milimeter.

Frame layar yang disuguhi menjadi lebih tipis sekitar 24% dan sedangkan frame bagian atas lebih tipis menjadi 60%. MacBook Pro ini juga ditenagai oleh chip M1 Pro dan M1 Max. M1 Pro memberikan kinerja CPU hingga 70% lebih cepat dibandingkan dengan M1 biasa, dan kinerja GPUnya juga hampir dua kali lebih cepat.
Namun, M1 Pro ini masih kalah dengan M1 Max.

M1 Max mendapatkan julukkan sebagai chip paling kuat di dunia untuk sebuah notebook yang pro. Keunggulan CPU M1 Max masih sama dengan M1 Pro, tetapi kerja GPU M1 Max empat kali lebih cepat dibandingkan M1 biasa.

Untuk pengiriman data M1 Pro bisa mencapai 200 GB per detiknya, sedangkan M1 Max bisa mengirim data hingga 400 GB per detik. MacBook Pro ini sangat memperhatikan konektivitasnya. Dari kedua ukuran ini menghadirkan tiga port Thunderbolt 4, lalu ada slot untuk kartu SDXC, port HDMI, dan juga headphone jack.

Yang bikin menarik dari MacBook ini adalah kembali hadir MagSafe dengan desain yang baru, konektornya pun dinamakan MagSafe 3 dan dirancang untuk mengirim lebih banyak daya ke sistem. Tombol yang disajikan juga lebih lebar. Dengan ini, Apple mengambil sentuhan tombol yang nyaman. Keyword ini juga akan dilengkapi dengan trackpad Force Touch.

MacBook Pro dilengkapi dengan kamera FaceTime HD 1080p. Jadi resolusi secara keseluruhan dan performa dalam cahaya redup menjadi makin baik, ditambah dengan fitur yang meningkatkan kualitas video sehingga gambar terlihat lebih tajam dan natural.

Kualitas audionya pun menjadi sorotan, karena mikrofon yang digunakan memberikan kualitas studio. Apabila ada panggilan dan sedang melakukan perekaman suara jadi lebih jernih. Sistem pada suara dibagi menjadi enam speaker yang mendukung audio spasial, jadi menciptakan pendengaran dalam bentuk tiga dimensi.

Untuk para pengguna produk Apple khusunya pengguna MacBook Pro kalian harus menyediakan uang dengan kisaran Rp. 28 – 36 Juta, karena Apple memberikan harga untuk MacBook Pro 14 inci sebesar US$1,999 alias Rp. 28.2 Juta dan sedangkan MacBook Pro ukuran 16 inci dibandrol dengan harga US$2,499 atau Rp. 35.3 Juta. Untuk warna yang diberikan pada MacBook ini, hanya tersedia warna perak dan abu-abu saja.