Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kemenag Siapkan Menu Makanan Khusus untuk Jemaah Haji Lansia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan berbagai fasilitas layanan bagi jemaah haji lanjut usia (lansia), termasuk layanan katering khusus yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan jemaah.

Sebagai informasi, jemaah lansia dengan usia 65 tahun ke atas pada periode haji tahun ini tercatat sebanyak 44.795 jemaah, atau hampir 21 persen dari total kuota jemaah haji reguler yang sebanyak 213.320 orang.

Anggota Media Center Kemenag, Widi Dwinanda mengatakan, bahwa menu makan lansia dimasak dan disajikan secara khusus oleh petugas yang bertugas di setiap dapur katering yang telah disediakan.

“Selain tekstur nasi yang lebih lembut mirip bubur, rasa masakan juga tidak pedas. Buah-buahan yang disajikan pun disesuaikan agar lansia lebih mudah mengonsumsinya,” terang Widi dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (1/6).

“Ada 57 dapur di Makkah dan 21 dapur di Madinah yang menyediakan katering bagi jemaah haji Indonesia,” imbuhnya.

Dia pun menjelaskan, bahwa seluruh jemaah lansia yang tercatat memperoleh menu khusus tersebut. Untuk itu, para ketua Kelompok Terbang (kloter) diimbau untuk melaporkan data jumlah lansia di setiap kloternya.

“Data tersebut dilaporkan pada kesempatan pertama setelah mereka tiba di hotel di Makkah kepada petugas pengawas katering yang ada di setiap sektor pemondokan jemaah,” ujar dia.

Dia menuturkanm, bahwa pelaporan data lansia tersebut diperlukan untuk memastikan para lansia memperoleh asupan gizi yang sesuai selama berada di Tanah Suci.

“Penyediaan menu khusus lansia ini merupakan komitmen pemerintah agar jemaah haji lansia dapat menjalankan ibadah dengan lebih nyaman dan tenang,” ucapnya.

Dikatakan Widi, PPIH Arab Saudi memastikan, bahwa seluruh jemaah haji mendapat makan sebanyak tiga kali sehari selama di Tanah Suci, yakni untuk makan pagi, siang dan malam.

Secara keseluruhan, jemaah haji mendapat jatah makan maksimal sebanyak 27 kali selama di Madinah dan 84 kali selama di Makkah. Selama berada di Armuzna (Arofah, Mudzdalifah, Mina), jemaah mendapatkan 15 kali makan ditambah satu snack berat untuk di Mudzalifah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Gus Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu...

Kemenag Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Isu jual beli kuota haji menjadi...

DPR Puji Haji Tahun 2024, Alhamdulillah Banyak Dapat Pujian Positif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru