Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Satgas Pamtas Yonif 726/Tml Amankan Remaja Pelintas Batas Ilegal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Satgas Pamtas Yonif 726/Tml mengamankan seorang pemuda yang diduga pelintas batas ilegal dari warga Papua Nugini di Distrik Sota.

Petugas Satgas Pamtas Sertu Hendro menjelaskan bahwa kejadian tersebut bermula ketika pihaknya mendapatkan info bahwa di tempat tersebut sering terlihat warga negara Papua Nugini PNG sering memasuki wilayah perbatasan Indonesia.

“Warga disebut diduga melintas tidak melalui jalur PLBN (Pos Lintas Batas Negara),” kata Hendro dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (31/5).

Berbekal info tersebut Tim Patroli pimpinan berangkat menuju sasaran dengan jarak kurang lebih 4,7 Km dari PLBN. Petugas menggunakan rute yang sudah ditentukan dan melakukan pengendapan, lalu mendapati adanya seorang pelintas batas ilegal dari arah PNG yang masuk ke wilayah Indonesia.

Pada saat mengamankan warga PNG tersebut, selanjutnya Tim Patroli melakukan pemeriksaan identitas dengan nama Sokai, umur 18 tahun, pekerjaan seorang petani warga PNG.

“Adapun barang yang dibawa berupa tembakau, sirih dan parang yang akan digunakan bertani. Dia beralasan akan menuju kebun dan bertemu dengan keluarganya yang berada di Kampung Sota,” ujarnya.

Selama kurang lebih 10 bulan terjadinya pelintas negara ilegal melalui jalur tidak resmi dikarenakan ketidaktahuan yang menjadi kebiasaan. Satgas Pamtas Yonif 726/Tml selalu memberikan sosialisasi dan peringatan, bekerjasama dengan pihak Imigrasi untuk mendeportasi warga PNG yang melanggar aturan pelintas batas negara.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru