TORAJA, HOLOPIS.COM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan syarat utama Indonesia bisa dipandang di mata dunia ketika negara tersebut memiliki Pertahanan yang kuat.

Hal tersebut disampaikan Prabowo Subianto di depan para civitas UKI Toraja saat memberikan kuliah umum kebangsaan.

“Jika Indonesia tidak mau menderita dan menjaga kekayaannya, maka Indonesia harus kuat. Kalau kita kuat, kita akan sejahtera, akan tercipta perdamaian dan Indonesia akan menjadi Negara yang makmur, ” ucap Prabowo, Senin (18/10).

Dari pengalaman yang telah dialaminya langsung, Prabowo menilai negara yang lemah dalam bidang Pertahanan akan menderita dan cenderung diatur.

“The strong will do what they can, the weak suffer what they musk. Yang kuat akan berbuat sekehendaknya dan yang lemah menderita,” tegasnya.

Lanjut Menhan Prabowo tujuan dari kehidupan berbangsa dan bernegara adalah seperti pada Pembukaan UUD 1945; yang pertama melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Ini kan yang artinya fungsi pertama Pemerintah adalah melindungi (Pertahanan),” tukasnya.

Oleh karena itu, Prabowo kemudian mengajak Mahasiswa UKI Toraja untuk mendaftarkan diri masuk Komponen Cadangan (Komcad) tahun depan.

“Pertama kali dalam sejarah, Indonesia mempunyai Komcad, latar belakang Presiden Jokowi bukan militer, tidak pernah Sesko tapi mengerti betul pentingnya Pertahanan Negara. Kita harus optimis dan berjuang ke depan seakan kita hidup 1.000 tahun lagi. Semangat saya seperti anak-anak muda di depan saya. Saya masih siap bahkan untuk menjadi Komandan Batalyon,” tutupnya.