Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Anies dan Cak Imin Kompak Ucapkan Selamat untuk Kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon Presiden nomor urut 02, Anies Rasyid Baswedan akhirnya memberikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pasca dinyatakan kalah dalam sengketa PHPU (perselisihan hasil pemilihan umum) yang dibacakan putusannya oleh majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) pada hari Senin, 22 April 2024 kemarin.

Anies Baswedan yang tampil bersama dengan Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan bahwa proses Pilpres 2024 telah selesai. Dan hasil akhirnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pilpres 2024.

“Hari ini kami menyatakan bagi kami proses Pilpres 2024 telah terlewati seluruh fasenya, kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran, selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua,” kata Anies dalam video yang dikutip Holopis.com, Selasa (23/4).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut selanjutnya membicarakan bagaimana sosok Prabowo Subianto di matanya. Ia mengatakan bahwa mantan rivalnya di Pilpres 2024 tersebut adalah merupakan seorang patriot.

“Saya sempat berkali-kali ditanya pendapat pribadi tentang Pak Prabowo, dan saya jawab beliau adalah seorang patriot. Hari ini saya terus mempercayai sebagai seorang patriot,” ujarnya.

Lantas, Anies mengatakan bahwa dirinya yakin jika Prabowo Subianto akan menerima apabila dirinya tetap menjadi bagian di luar pemerintahan nanti, karena bagi Anies, demokrasi yang baik akan menerima keberadaan oposisi di dalam bernegara sebagai pihak penyeimbang.

“Beliau seorang yang telah mengalami pendidikan modern sejak usia belia dan berasal dari keluarga intelektual yang amat terpandang. Maka Pak Prabowo tentu paham bahwa dalam demokrasi yang baik menerima kebedaraan oposisi sebagai partner dalam bernegara,” tuturnya.

Kemudian, Anies juga mengatakan bahwa Prabowo Subianto datang dari keluarga intelektual terpandang, sehingga ia yakin pula bahwa Prabowo sangat paham dengan rambu-rambu dalam menjaga demokrasi.

Oleh sebab itu, bekas Rektor Universitas Paramadina Jakarta pun mengingatkan kepada Prabowo untuk selalu jamin kebebasan berpendapat saat menjabat presiden nanti.

Harapan lainnya, Anies meminta Prabowo menjamin kebebasan pers sebagai pilar keempat demokrasi dan menghormati tiga cabang kekuasaan negara demokrasi, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Sebagai seorang patriot terdidik, saya percaya Pak Prabowo akan mengembalikan dan akan menjaga nilai-nilai demokrasi ini,” tukasnya.

Terakhir, Anies bersama Cak Imin meyakinindan mendukung prinsip demokrasi yakni transisi kepemimpinan yang damai.

“Kami memilih untuk menjadi bagian yang terus menjaga, terus membangun mutu demokrasi di Indonesia,” pungkas Anies yang diamini oleh Cak Imin.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bamsoet Sambut Gembira Wacana Silaturrahmi Prabowo – Mega

Politikus senior Golkar sekaligus Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung wacana pertemuan antara presiden terpilih Prabowo Subianto dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Dugaan Kebocoran Data, DJP Imbau Wajib Pajak Jaga Keamanan Data

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah adanya dugaan kebocoran data pada sistem mereka. Hal itu sebagaimana disampaikan Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Dwi Astuti.

Jokowi Salahkan Keteledoran Manusia Penyebab Kebocoran Data Terjadi Lagi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi terjadinya kembali fenomena kebocoran data yang kali ini adalah data NPWP Kementerian Keuangan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru