Sejarah Ular Weling, Cantik Namun Mematikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ular Weling (Malayan Krait/Blue Krait) atau yang biasa kita sebut Ular Belang, merupakan salah satu spesies ular yang endemik di Asia Tenggara.

Ular Weling/Ular Belang atau jika di Jawa Barat disebut Ular Warakas ini rata-rata memiliki panjang tubuh hingga 155 cm dengan ekor yang meruncing.

Ada pun ciri-cirinya yakni memiliki kepala bagian atas hingga leher atas berwarna hitam, sementara bagian bawahnya berwarna putih. Tubuh bagian atas memiliki warna belang hitam dan putih sampai ke ekor.

Menurut Wikipedia seperti dikutip Holopis.com, Spesimen berwarna kehitaman ini sempat dideskripsikan sebagai Bungarus javanicus oleh Felix Kopstein pada tahun 1932, tetapi kemudian diketahui sebagai varian hitam (melanistik) dari spesies ini (B. candidus)

Ular Weling memang banyak kita jumpai di Indonesia, namun ternyata populasinya menyentuh hampir ke seluruh negara di Asia Tenggara, seperti Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia hingga Singapura.

Mengingat, Ular Weling hidup di dataran rendah hingga ketinggian mencapai 1.200 meter dpl, dengan habitat utama adalah hutan, hutan magrove, semak belukar, perkebunan hingga lahan pertanian.

Jika kita melihat ular ini berkeliaran di malam hari, bukan merupakan sesuatu yang aneh, karena Ular Weling merupakan hewan nokturnal alias aktif di malam hari.

Makanan utama dari Ular Weling sendiri bisa sejenisnya namun lebih kecil, kadal, tikus dan hewan lainnya.

Meski begitu, manusia perlu berhati-hati jika bertemu Ular Weling, sebab Ular Weling merupakan ular yang berbisa yang dinilai mematikan.

Bisa Ular Weling sendiri bersifat neurotoksin atau bisa melumpuhkan jaringan saraf, dimana korban yang terkena bisanya bisa berakibat kesulitan bernafas.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Sejarah Hari Buku Nasional, Mari Budayakan Kebiasaan Membaca

Hari ini adalah hari yang sangat spesial, khususnya untuk para Sobat Holopis yang memiliki hobi membaca. Setiap tanggal 17 Mei, merupakan Hari Buku Nasional (Harbuknas) di Indonesia.

Sejarah Gunting Kuku, Begini Awal Mulanya

Gunting kuku adalah sebuah alat yang digunakan untuk memotong kuku. Gunting kuku seperti kita ketahui, terbuat dari logam dengan prinsip kerja tuas.

Hari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia, Begini Sejarah dan Temanya

Setiap tanggal 17 Mei, dunia memperingati Hari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia atau World Telecommunication and Information Society Day (WTISD).

Hari Keluarga Internasional : Begini Tema dan Sejarahnya

Hari Keluarga Internasional atau International Day of Families diperingati pada 15 Mei di setiap tahunnya. Ada pun hari besar tersebut diperingati untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya arti sebuah keluarga di kehidupan kita.

Kisah Singkat Sunan Muria Sebarkan Cahaya Islam di Lereng Gunung Muria

Di lereng Gunung Muria yang menjulang tinggi, terukir kisah inspiratif Sunan Muria, salah satu Walisongo yang mendedikasikan hidupnya untuk menyebarkan Islam di tanah Jawa.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

Gosip Hari Ini Syahrul Yasin Limpo Berstatus Tersangka

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Saat ini, tim penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan pengusutan terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi...