Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

TNI Akui Sudah Susun Rencana Penyerangnya Abubakar Kogoya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – TNI mengungkapkan bahwa rencana penyerangan terhadap anggota KKB bernama Abubakar Kogoya memang telah disiapkan terlebih dahulu.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan) Letnan Jenderal TNI Richard Tampubolonal mengungkapkan, ini disebabkan karena Abubakar Kogoya kerap terlibat dalam penembakan, penyergapan aparat yang sedang bertugas.

“Terlibat dalam penembakan penyergapan aparat yang sedang bertugas, dan terakhir mereka mengeluarkan letusan tembakan untuk menyerang pendulang pendulang non karyawan, yang ini membuat masyarakat ketakutan,” kata Richard dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (5/4).

Petugas pun langsung menyusun rencana untuk melakukan tindakan termasuk kemungkinan untuk menembak mati Abubakar Kogoya.

“Berangkat dari situ disusun Renops, sehingga aparat gabungan dari Damai Cartenz, Satgas Nanggala, dari Koops Habema bisa melakukan penegakan hukum secara tegas terukur kepada yang bersangkutan,” ungkapnya.

Selain itu, Abubakar Kogoya ternyata diketahui juga terlibat dalam penembakan penyerangan di Kuala Kencana, dengan menembaki kendaraan-kendaraan di wilayah Freeport.

Kemudian pada saat insiden penyerangan, aparat pun diketahui sempat melindungi warga pendulang emas nonkaryawan yang diserang kelompok kriminal bersenjata di kawasan Kali Kabur, Mile 69 Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Kamis (4/4).

“Ini membuat masyarakat ketakutan. Berangkat dari situ disusun untuk melakukan penegakan hukum secara tegas,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya bahwa parat keamanan gabungan TNI dan Polri yang terdiri dari Satgas Nanggala Damai Cartenz dan Koop Habema terlibat baku tembak dengan KKB.

Dalam baku tembak tersebut, dua anggota KKB yang teridentifikasi atas nama Abu Bakar Kogoya dan Demianus Magay dinyatakan tewas.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru