NewsPolhukamTemukan Dugaan Monopoli Pinjol Pendidikan, KPPU Bakal Tempuh Jalur Hukum

Temukan Dugaan Monopoli Pinjol Pendidikan, KPPU Bakal Tempuh Jalur Hukum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan adanya dugaan pelanggaran terkait Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) atau yang lebih dikenal oleh pinjaman online (pinjol) di sektor pendidikan.

Ketua KPPU, Fanshurullah Asa menyampaikan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti temuan tersebut melalui penegakan hukum, setelah sebelumnya pihaknya melakukan kajian atas layanan pinjaman pendidikan melalui pinjol tersebut.

“Berdasarkan kajian, KPPU menemukan adanya dugaan pelanggaran Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 dan memutuskan untuk menindaklanjutinya dengan penegakan hukum, khususnya melalui tindakan penyelidikan awal perkara inisiatif,” katanya dalam keterangannya, Jumat (22/3) yang dikutip Holopis.com.

Sejak Februari 2024, katanya, KPPU telah melakukan berbagai pendalaman atas persoalan pinjol pendidikan dan telah menghadirkan berbagai pihak terkait, mulai dari regulator pendidikan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga pelaku industri pinjaman.

Dari proses tersebut, hasil kajian KPPU menunjukkan bahwa pelaku usaha pinjol telah menetapkan suku bunga pinjaman yang sangat tinggi atau jauh lebih tinggi daripada suku bunga pinjaman perbankan, baik pinjaman produktif maupun konsumtif.

Selanjutnya, Asa menyebut pihaknya menemukan suku bunga pinjaman pendidikan melalui pinjol di Indonesia sangat jauh lebih tinggi dibandingkan produk pinjaman pendidikan di luar negeri.

“Dengan menerapkan suku bunga yang tinggi, KPPU menduga bahwa pelaku usaha pinjol ztelah melakukan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat di pasar tersebut,” ungkapnya.

KPPU pun pada 20 Maret 2024, menyatakan KPPU memutuskan untuk melanjutkan kajian atau penelitian tersebut dengan melakukan penyelidikan awal guna mencari alat bukti berikut kejelasan atas dugaan pelanggaran tersebut.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

PAN Setia Dukung Prabowo Subianto, Tak Mau Pindah ke Lain Hati

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan partainya akan tetap setia memberikan dukungan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Cak Imin Kembali Jabat Ketum PKB 2024-2029

Muktamar VI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya menetapkan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk kembali menjabat sebagai ketua umum PKB periode 2024-2029.

Jokowi Diundang Buka Kongres III Partai Demokrat di JCC Senayan Besok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima undangan untuk menghadiri sekaligus memberikan amanat pada acara Pembukaan Kongres III Partai NasDem yang akan berlangsung di JCC Senayan.

Prabowo Ajak Semua Pimpinan dan Elite Politik Bersatu

Presiden terpilih, Prabowo Subianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Partai Amanat Nasional (PAN) yang sudah setia selama ini bersama dengan dirinya untuk merebut kemenangan.