Senin, 30 September 2024
Senin, 30 September 2024
NewsEkobizKredit Macet di Pinjol Kebanyakan Anak Muda di Bawah 34 Tahun

Kredit Macet di Pinjol Kebanyakan Anak Muda di Bawah 34 Tahun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, bahwa kredit macet penerima pinjaman (borrower) di industri fintech peer to peer lending alias pinjaman online (pinjol) didominasi anak muda.

Berdasarkan data dari OJK yang dihimpun per Januari 2024, tercatat sebanyak 63,36 persen borrower yang memiliki kredit macet pada pembiayaan pinjol berusia di bawah 34 tahun, yang artinya adalah para anak muda.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, LKM dan LJK Lainnya OJK Agusman mengakui, bahwa pengguna layanan pinjol memang didominasi oleh mereka yang usianya relatif muda.

“Per Januari 2024, jumlah borrower berusia di bawah 34 tahun memiliki porsi sebanyak 59,47 persen dari total borrower aktif perorangan,” katanya dalam ketarangan resminya yang dikutip Holopis.com, Minggu (10/3).

Jumlah tersebut, kata dia, setara dengan 9,85 juta rekening borrower yang aktif di industri fintech lending. “Sehingga kredit macet juga didominasi oleh borrower usia di bawah 34 tahun,” imbuh dia.

Agusman lantas menjelaskan, bahwa OJK selaku regulator sejauh ini belum memiliki rencana untuk melakukan pembatasan, khususnya dalam hal usia pengguna layanan.

Adapun yang saat ini telah diatur dalam SEOJK 19/SEOJK 06/2023 tentang Penyelenggaraan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi adalah terkait penilaian (credit scoring) calon penerima dana yang memperhatikan kelayakan dan kemampuan untuk memenuhi kewajiban.

Dengan kata lain, aaturan tersebut mengharuskan terpenuhinya repayment capacity sebesar 50 persen. Ini merupakan perbandingan antara jumlah pembayaran pokok dengan penghasilan penerima dana.

“Dalam penyelenggaraan pinjol, calon borrower harus memiliki NIK untuk dapat dilayani sebagai penerima dana pinjaman,” tandasnya.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

BBN Airlines Indonesia Resmi Mengudara Layani Penumpang di Indonesia

BBN Airlines Indonesia akan meramaikan dunia penerbangan Indonesia, dengan membuka layanan komersial untuk melayani penumpang mulai 27 September 2024.

Pemerintah Kaji Penerapan Pita Cukai Digital

Pemerintah melalui Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah mengkaji terkait rencana penerapan pita cukai digital sebagai pengganti pita cukai konvensional.

Harga Beras RI Disebut Paling Mahal se-ASEAN, Bapanas Minta Masyarakat Tak Terprovokasi

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi meminta masyarakat tidak terprovokasi soal harga beras Indonesia yang disebut menjadi paling mahal dibandingkan dengan negara-negara di kawasan ASEAN.

Bapanas Anggap Isu Harga Beras Paling Mahal Se-ASEAN Cuma Jebakan

Harga beras di Indonesia disebut paling mahal di ASEAN. Pasalnya, perbedaan harga beras di Indonesia dengan negara ASEAN lainnya mencapai 20 persen.