HOLOPIS.COM, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah merilis informasi terkait prakiraan Cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Jumat (8/3).

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG yang dihimpun Holopis.com dari laman resminya, cuaca Jateng bakal diawali dengan cuaca berawan pada pagi hari ini. Ada pula potensi cerah berawan pada pagi ini di sejumlah wilayah.

Kemudian pada siang harinya, nampaknya Sobat Holopis yang hendak beraktivitas di wilayah Jateng harus menyiapkan payung ataupun jas hujan. Sebab menurut BMKG, cuaca Jateng pada siang ini bakal didominasi turun hujan.

Memasuki waktu siang, potensi cuaca ekstrem nampaknya akan terjadi di wilayah Jateng. Pasalnya hujan lebat yang disertai pula dengan sambaran petir dan angin kencang berpotensi mengguyur Jateng.

Bahkan dalam kolom peringatan dini cuaca di laman resminya, BMKG menyampaikan adanya potensi hujan dengan intensitas hingga lebat, yang dapat terjadi di sejumlah wilayah. Kondisi ini hampir terjadi di wilayah Jakarta hari ini.

“Berpotensi hujan sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Pegunungan tengah-dataran tinggi, pantura timur, Solo Raya dan sekitarnya pada siang hingga awal malam hari,” jujurnya.

Adapun secara rinci, potensi hujan petir pada siang hari tersebut terjadi di wilayah Boyolali, Kajen, Karanganyar, Salatiga, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Temanggung, dan Wonogiri.

Tak hanya itu, kondisi cuaca yang sama juga diprediksi BMKG terjadi pada siang nanti di wilayah Magelang dan Temanggung. Hanya saja untuk cuaca pada malam ini, cuaca Jateng didominasi cuaca berawan.

Selain informasi mengenai prakiraan cuaca, BMKG juga merilis informasi mengenai prakiraan suhu udara di Jateng, yakni berkisar antara 22-32 derajat celcius, dengan kelembapan di angka 70-100 persen.