Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizKemenkeu Bakal Bentuk Dana Siaga untuk Intervensi Masalah Pangan

Kemenkeu Bakal Bentuk Dana Siaga untuk Intervensi Masalah Pangan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan membentuk sebuah pos anggaran dana siaga untuk mengintervensi permasalahan pangan yang terjadi di Indonesia, baik itu permasalahan pasokan hingga harga.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Isa Rachmatarwata mengatakan, bahwa anggaran tersebut nantinya akan dialokasikan untuk digunakan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas), Perum Bulog, hingga perusahaan BUMN ID FOOD.

Dia pun menyebut, bahwa perihal rencana pembentukan anggaran dana siaga itu, pihaknya telah berkoordinasi bersama dengan pihak Bapanas.

“Sehingga Bapanas sudah langsung memiliki di dalam anggarannya untuk melakukan intervensi, baik ketersediaan pasokan maupun harga ini dengan mendukung BULOG dan ID FOOD,” ucap Isa dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (4/3).

“Ini tentunya sudah dan kami lakukan yang intinya untuk membangun confidence, bahwa uang bukannya tidak terbatas tapi selalu terbatas,” tambah Isa.

Sebagaimana diketahui, bahwa Perum BULOG saat ini masih mengandalkan pembiayaan Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara dalam pemenuhan kebutuhan dalam memasok cadangan pangan.

Isa menjelaskan, bahwa Perum BULOG nantinya akan tetap mendapat dukungan dari bank Himbara meskipun sudah ada dana siaga ini. Dengan demikian dana siaga ini dapat dikatakan sebagai subsidi bunga untuk pinjaman yang diambil oleh BULOG juga ID FOOD.

Dia menuturkan, dalam tata kelola penganggaran, dana siaga akan disalurkan melalui verifikasi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Itu akan mempercepat proses penggantian kepada BULOG dan ID FOOD yang tentunya akan membuat ketahanan kesehatan keuangan kedua badan usaha ini menjadi lebih baik,” tandas Isa.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.