Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizZulhas Ogah Turuti Peritel Naikkan HET Beras Premium

Zulhas Ogah Turuti Peritel Naikkan HET Beras Premium

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas angkat bicara perihal permintaan para pengusaha ritel yang ingin adanya kenaikan harga eceran tertinggi HET beras premium.

Dengan tegas, Zulhas menolak untuk menuruti permintaan para peritel terkait HET beras premium tersebut untuk saat ini.

“Nggak bisa (HET beras premium naik),” kata Zulhas dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (20/2).

Zulhas menekankan, bahwa HET beras premium sampai saat ini masih akan tetap dipertahankan oleh pemerintah, yakni sebesar Rp 69.500 per 5 kilogram (kg).

“Enggak, belum ada (pembicaraan HET naik), HET tetap,” tegasnya.

Namun di sisi lain, Zulhas mengakui jika saat ini harga beras premium di pasaran masih terbilang cukup mahal, dimana untuk harga 5 kg beras, rata-rata di angka Rp 75.000 hingga Rp 85.000.

Hal itu yang membuat beras premium langka di ritel modern karena harga yang mahal membuat pengusaha ogah menjualnya. Sekali pun ada, harganya pasti melambung di atas HET.

“Di pasar-pasar ada beras premiumnya, sementara di ritel modern ada yang jual beras premium, ada yang tidak jual. Yang tidak jual alasannya karena HET-nya Rp 69 ribu sekian, belinya di atas Rp 70 ribu kan nggak mungkin, akhirnya mereka nggak jual beras premium,” imbuhnya.

Adapun menurut pemerintah, mahalnya harga beras di pasaran saat ini karena adanya penurunan produksi pada periode Januari-Maret 2024, karena El-Nino.

Untuk itu, pemerintah mengatasinya dengan mengguyur beras Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP) yang dipasok Bulog seharga Rp 54.000 per 5 kg.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.