Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Peraih Rekor Marathon Dunia Kelvin Kiptum Meninggal Akibat Kecelakaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kelvin Kiptum yang merupakan pemegang rekor dunia marathon, meninggal duni akibat insiden kecelakaan tunggal yang menimpanya.

Dikutip Holopis.com dari The Guardian, Senin (12/2), Kelvin Kiptum mengalami kecelakaan hebat di Kaptagat, Kenya, Minggu (11/2) malam waktu setempat.

Dalam hal ini, otoritas setempat menyebutkan bahwa Kelvin Kiptum mengalami kecelakaan akibat kehilangan kendali dalam mengontrol kendaraannya di jalan, yang kemudian menabrak pohon, sebelum akhirnya terperosok ke selokan.

Disebutkan juga bahwa dalam insiden kecelakaan tersebut, turut melibatkan pelatih Kelvin Kiptum sendiri yakni Gervais Hakizimana, yang juga meninggal dunia, kemudian ada satu orang lainnya yang kini sedang dirawat intensif di rumah sakit.

“Ini kecelakaan tunggal di mana Kelvin Kiptum, pemegang rekor marathon duna, mengendarai kendaraannya bersama dua penumpang. Kiptum dan Hakizimana meninggal di tempat, dan orang ketiga dilarikan ke Rumah Sakit Racecourse di Eldoret,” ungkap peter Mulinge selaku otoritas setempat.

Insiden kecelakaan ini pun menarik perhatian sejumlah tokoh, salah satunya Perdana Menteri Kenya, Raila Odinga, ia turut mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Kelvin Kiptum.

“Berita yang menyedihkan saat kita berduka atas kehilangan individu luar biasa, Kelvin Kiptum, pemegang Rekor Dunia dan ikon atletik Kenya. Bersama pelatihnya, mereka meninggal secara tragis dalam kecelakaan malam ini,” ungkap PM Raila, seperti dikutip Holopis.com dari Twitter/X @RailaOdinga.

“Saya turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya kepada orang-orang yang dicintainya, teman-temannya, dan seluruh persaudaraan atletik. Bangsa kita berduka atas kehilangan seorang pahlawan sejati,” tambahnya.

Selain itu, ada pun ucapan dari bela sungkawa dari Sebastian Coe selaku Presiden Atletik Dunia.

“Kami terkejut dan sangat sedih mengetahui kehilangan Kelvin Kiptum dan pelatihnya, Gervais Hakizimana. Atas nama seluruh Atletik Dunia, kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, teman, rekan satu tim, dan bangsa Kenya,” ucap Sebastian.

“Baru pada awal pekan ini di Chicago, tempat Kelvin mencetak Rekor Dunia maratonnya yang luar biasa, saya dapat secara resmi mengesahkan waktu bersejarahnya. Seorang atlet luar biasa yang meninggalkan warisan luar biasa, kami akan sangat merindukannya,” tambah Sebastian.

Sebagai informasi, Kelvin Kiptum harum namanya di dunia marathon, ia sukses mengukir rekor menjadi pelari tercepat dalam waktu 2 jam 1 menit. Hal itu dilakukannya pada Desember 2022 sampai Oktober 2023 lalu.

Ada pun rekor Kiptum yang pertama yaitu ketika ia mengikuti kompetisi di Valencia Marathon, Kiptum sukses mengukir waktu finis selama 2 jam 2 menit, hal itu membuat namanya jadi orang ketiga yang bisa melakukan hal tersebut.

Tak lama setelah itu, tepatnya empat bulan berselang di Marahon London, Kiptum berhasil finis dalam waktu 2 jam 1 menit 25 detik.

Kemudian terakhir, Kiptum sukses mencatatkan namanya di dalam rekur dunia ketika di Marathon Chichago, dengan finis dalam waktu 2 jam 35 detik.

Atlet berusia 24 tahun asal Kenya itu sejatinya tinggal menyongsong generasi emasnya di Olimpiade Paris 2024, namun Kelvin Kiptum lebih dulu istirahat dengan tenang di samping Sang Pencipta.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tim Homeless Indonesia Siap Tampil di HWC 2024 Korsel, Kemenpora Harap Ada Perbaikan Peringkat

Tim Homeless Indonesia siap tampil di kompetisi Homeless World Cup atau HWC 2024 Seoul, Korea Selatan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pun berharap skuad Garuda bisa memperbaiki peringkat di ajang tersebut.

China Open 2024 : Fajar/Rian Lanjut ke Perempat Final, Leo/Bagas Keok

Indonesia kembali meloloskan satu wakil ke perempat final China Open 2024 atas nama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dari ganda putra. Ada pun Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana yang harus angkat koper dari dari kejuaraan usai kalah di 16 besar.

Update Klasemen Liga 1 Per Pekan ke-5 : Borneo FC Tetap Teratas

Borneo FC Samarinda tetap duduk di puncak klasemen Liga 1 dengan total 13 poin, diikuti oleh Persebaya Surabaya dan PSM Makassar di peringkat dua dan tiga.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru