Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

TNI Ungkap Sebagian Besar Senjata KKB Indius Kogoya Hasil Rampasan dari Aparat

HOLOPIS.COM, PAPUA – TNI mengklaim mereka telah memiliki kekuatan senjata yang dimiliki oleh KKB Intan Jaya pimpinan Indius Kogoya untuk melakukan penyerangan.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan, diperkirakan saat ini kelompok separatis tersebut saat ini memiliki 13 pucuk senjata api (senpi) berbagai jenis .

“Memang benar dari laporan yang diterima KKB Intan Jaya pimpinan Indius Kogoya memiliki 13 pucuk senpi berbagai jenis yang merupakan hasil rampasan dari TNI-Polri,” kata Izak dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (26/1).

Izak mengungkapkan bahwa senjata hasil rampasan itu mulai dari jenis Sniper AX, SS-1 V1, M4 dan pistol FN masing-masing satu pucuk, senpi jenis M16, Steyr dan Double Loop masing-masing dua pucuk dan tiga pucuk jenis revolver.

Meski begitu, Izak tidak mengetahui kondisi persediaan amunisi dari KKB pasca serangan yang telah dilakukan sejak Jumat (19/1).

Izak memperkirakan bahwa KKB lebih banyak melakukan aksi dengan bergerilya dimana setelah melakukan penembakan mereka langsung melarikan diri ke hutan yang ada di sekitarnya.

“KKB dalam melakukan aksi penembakan selalu dengan pola tembak-lari sehingga diprediksi itu agar tidak menghabiskan banyak peluru,” terangnya.

Izak pun memastikan bahwa sampai saat ini pihaknya masih terus berupaya memulihkan situasi keamanan di wilayah Sugapa yang sempat memanas.

“Mudah-mudahan satu – dua hari situasi keamanan di Sugapa pulih sehingga penerbangan ke wilayah itu kembali normal,” ucapnya.

KKB dilaporkan sejak Jumat (19/1) melakukan penyerangan dengan menembaki pos TNI-Polri yang ada di Sugapa. Seorang anggota Brimob gugur.

Tercatat tujuh anggota KKB tertembak, empat diantaranya tewas dan saat ini situasi keamanan relatif kondusif namun anggota TNI-Polri terus bersiaga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru