Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizEks Mendag Sentil Pihak yang Anggap Remeh Hilirisasi Nikel

Eks Mendag Sentil Pihak yang Anggap Remeh Hilirisasi Nikel

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menepis anggapan sejumlah pihak tentang nikel yang dinilai tidak tidak banyak memberikan keuntungan bagi negara.

Dia menyebut justru pendapatan nikel mengalami peningkatan sebesar lima kali lipat sejak tahun 2015 lalu, dengan pendapatan ekspor lebih dari Rp 500 triliun karena sukses melakukan hilirisasi.

“Tapi katanya ada yang bilang kalau pendapatan nikel dari penjualan itu rendah ya? 2015 aja peningkatan pendapatan ekspor ke Indonesia sudah melesat 5 kali lipat dengan angka lebih dari Rp 500 triliun,” kata Lutfi dalam unggahan video di akun Instagram pribadinya yang dikutip Holopis.com, Selasa (23/1).

Apabila Indonesia terus melanjutkan hilirisasi nikel, Lutfi mengaku optimistis pendapatan nikel dalam negeri akan terus meningkat.

Di sisi lain, pemanfaatan hilirisasi nikel juga tidak hanya memperkuat perekonomian saja, tetapi juga membuka peluang bagi Indonesia untuk menjadi pemimpin di industri energi bersih.

“Terkadang kita rela melalui beribu-ribu pulau untuk mencari harta karun, tapi sebenarnya kita nggak sadar kalau harta karun itu ada di bawah kaki kita selama ini,” pungkasnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), komoditas nikel dan barang nikel padanya HS 75 masuk dalam lima besar komoditas yang diekspor ke China. Hal itu menurut Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti, karena adanya kebijakan hilirisasi.

“Hal ini tentunya seiring dengan kebijakan hilirisasi dan pembangunan smelter pengolahan bijih nikel yang sejak tahun 2022 hingga Agustus 2023 ini komoditas nikel dan barang nikel padanya HS 75 masuk dalam lima besar komoditas yang diekspor ke Tiongkok,” katanya Jumat (15/9).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.