BerandaNewsPolhukamMenteri LHK Sentil Mahfud MD Salah Baca Data Deforestasi

Menteri LHK Sentil Mahfud MD Salah Baca Data Deforestasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyebut cawapres nomor urut 3 Mahfud MD salah dalam membaca data mengenai deforestasi pada ajang debat terakhir cawapres beberapa hari lalu.

Dimana dalam debat tersebut, cawapres pasangan Ganjar Pranowo itu mengatakan bahwa deforestasi hutan di Indonesia dalam 10 tahun terakhir mencapai 12 juta hektare.

“Saya harus mengatakan bahwa data itu salah. Saya bisa kasih tahu data yang sebenarnya. Kalau 10 tahun terakhir kan, beliau berarti pakai data 2013,” kata Siti dalam keterangannya, Senin (22/1) seperti dikutip Holopis.com.

“Ini datanya dulu, saya ingin menyampaikan ada persoalan data di situ, konsep, dan ada persoalan bagaimana membaca data,” imbuhnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Siti lantas menjelaskan, apabila Mahfud mengambil data pada 2013, Siti menuturkan pada tahun tersebut terjadi deforestasi 730 ribu hektar dalam setahun.

Sedangkan untuk angka deforestasi tertinggi terjadi pada tahun 2015, dimana angka deforestasi meningkat menjadi 1,09 juta hektar karena kebakaran hutan yang meningkat.

“Jadi dari 0,73 naik ke 1,09 itu karena el nino besar di 2015. Kemudian di tahun 2016 turun jadi 630 ribu hektar, terus 2017 turun lagi jadi 480 ribu hektar, 2018 menjadi 440 ribu hektar. Dan memang pada tahun 2019 ada el nino lagi, tidak sebesar 2015. Maka dia deforestasinya menjadi 460 ribu hektar,” ungkap politisi Partai NasDem itu.

Saat ini, kata Siti Nurbaya, Indonesia mengalami deforestasi 104 ribu hektar pada 2022. Ia pun heran bagaimana bisa jumlahnya meningkat hingga 12 juta hanya dalam kurun waktu 10 tahun.

“Saya ingin kasih tahu ya dan sebetulnya di tahun 2022 itu angkanya kira-kira 104.000 hektar. Dan angka ini adalah angka terendah sejak tahun 2003 ya 20 tahun jadinya,” ucapnya.

“Kita Indonesia ini enggak main-main kalau deforestasi. Penurunannya 65 persen dari tahun lalu ke tahun sebelumnya ke tahun 2022. Terhebat di Indonesia. Ya itu terbaik,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Aparat Tembak Mati Teroris Papua

Aparat gabungan TNI Polri melakukan penyerbuan markas teroris Papua di Topo, Nabire.

Mahfud MD Sarankan Semua Komisioner KPU Mundur

Mantan Menko Polhukam, Mahfud MD menyarankan agar semua komisioner KPU RI saat ini agar mengundurkan diri pasca kasus Hasyim Asy'ari. Sebab, moralitas pimpinan KPU saat ini sudah rusak di mata publik, bahkan terkait dengan penyelenggaraan Pilkada 2024.

Yudi Purnomo Desak KPK Penuhi Tantangan Megawati

Eks penyidik KPK Yudi Purnomo ikut menanggapi tantangan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk bertemu AKBP Rossa.

PB SEMMI Apresiasi Polri Berhasil Bongkar Laboratorium Narkoba di Malang

Donny mengatakan bahwa masyarakat Indonesia akan selalu mendukung langkah Polri dalam melakukan penegakkan hukum terutama terhadap kejahatan peredaran dan penyalahgunaan narkoba karena sudah sangat meresahkan di Indonesia.

Mahfud MD Harap Rektor Transparan soal Pemberhentian Dekan FK Unair

Pakar Hukum Tata Negara, Prof Mahfud MD memberikan respons atas diberhentikannya Dekan Fakultas Kedokteran Unair Prof. Budi Santoso oleh Rektor Unair Rektor Unair Prof. Nasih.

Pemerintah Beri Perhatian Khusus soal Kasus Kekerasan di Pesantren

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyayangkan dan mengutuk keras terjadinya kasus kekerasan di lingkup pondok pesantren hingga menyebabkan hilangnya nyawa santriwati di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS