HOLOPIS.COM, JAKARTA – Depresi adalah gangguan mental yang dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Bagi sebagian orang, gejala depresi dapat menjadi lebih intens saat malam hari.

Lantas, apa yang menjadi penyebab hal itu terjadi serta bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut? Berikut penjelasannya.

Penyebab Depresi yang memburuk di Malam Hari

Gangguan tidur

Gangguan tidur menjadi hal yang seringkali menjadikan kondisi depresi semakin memburuk di malam hari. Kesulitan tidur ataupun tidur terlalu banyak juga dapat memengaruhi kualitas tidur dan memberikan dampak negatif pada kesejahteraan mental.

Kesunyian dan isolasi

Suasana malam yang dan hening seringkali memberikan perasaan kesunyian dan isolasi, yang dapat memperkuat gejala depresi pada sebagian orang.

Selain itu, kurangnya interaksi sosial dengan individu lainnya, serta dukungan emosional di malam hari juga dapat meningkatkan rasa kesepian yang pada akhirnya berujung pada peningkatan gejala depresi.

Keterbatasan aktivitas

Malam hari seringkali dianggap waktu untuk istirahat dan ketenangan. Bagi mereka yang mengalami depresi, hal ini dapat menyebabkan keterbatasan aktivitas, meningkatkan pemikiran negatif, dan memperburuk suasana hati.

Perubahan hormon

Dalam beberapa penelitian menunjukkan, bahwa perubahan hormon pada malam hari dapat mempengaruhi suasana hati. Gangguan hormonal, terutama pada siklus tidur, dapat menjadi faktor yang berkontribusi pada depresi malam hari.

Solusi untuk mengatasi depresi pada malam hari

Rutin tidur teratur

Mempertahankan siklus tidur yang teratur dapat membantu mengatasi gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Menjaga jadwal tidur yang konsisten juga dapat membantu meredakan gejala depresi.

Interaksi sosial

Mengurangi rasa kesunyian dengan berinteraksi sosial dapat menjadi langkah penting. Terlibat dalam kegiatan bersama teman atau keluarga dapat memberikan dukungan emosional yang dibutuhkan, meskipun dilakukan dengan komunikasi jarak jauh sekalipun, seperti melalui sambungan telepon atau pesan instan.

Beraktivitas positif di malam hari

Menciptakan rutinitas malam yang melibatkan aktivitas positif, seperti membaca buku, mendengarkan musik yang menenangkan, atau meditasi, dapat membantu meningkatkan suasana hati, yang pada akhirnya mampu meredakan gejala depresi.

Konseling dan terapi

Konseling atau terapi merupakan solusi yang efektif untuk mengatasi depresi. Dengan bantuan tenaga profesional, individu dapat belajar strategi mengatasi stres dan merubah pola pikir negatif.