HOLOPIS.COM, JATENG – Presiden Jokowi (Joko Widodo) meminta semua penerima bantuan program Indonesia Pintar untuk bisa memanfaatkannya dengan hal yang berguna.

Dimana dalam bantuan tersebut diketahui bagi siswa SD mendapatkan Rp 450 ribu per tahun, siswa SMP mendapatkan Rp 750 ribu per tahun dan siswa SMA dan SMK sebesar Rp 1,8 juta.

“Uang ini digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan sekolah. Untuk beli buku, untuk beli alat-alat tulis, untuk beli seragam, untuk beli sepatu bisa?” ucap Jokowi dalam sambutannya saat penyaluran bantuan Indonesia Pintar di Jawa Tengah seperti dikutip Holopis.com, Senin (22/1).

Jokowi kemudian mewanti-wanti agar bantuan tersebut tidak digunakan justru untuk membeli handphone maupun pulsa dengan alasan apapun.

“Untuk beli pulsa henpon? Tidak boleh. Untuk beli henpon gak boleh, untuk beli pulsa HP tidak boleh. Setuju?” tegasnya.

Jokowi kemudian menjelaskan bahwa program indonesia pintar tersebut sudah diberikan kepada lebih dari 18 juta siswa.

“Dari Aceh sampe ke Papua. Untuk tahun ini naik tadi 18 juta tahun 2023, tahun 2024 naik jadi 18,6 juta siswa,” ucapnya.

Dengan adanya bantuan yang sudah diberikan pemerintah, Jokowi kemudian berharap agar para siswa di Indonesia bisa menjadi lebih giat belajar tanpa terbeban biaya.

“Anak-anakku semuanya harus semuanya semangat belajar, sanggup? Semuanya harus belajar karena sekarang untuk biaya kebutuhan sekolah sudah ditutup dari program indonesia pintar ini, termasuk nanti yang SMA, SMK,” tegasnya.