Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizBI Ungkap Banyak Perusahaan Ajukan Kredit di Akhir 2023

BI Ungkap Banyak Perusahaan Ajukan Kredit di Akhir 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengungkapkan banyak perusahaan yang mengajukan kredit di akhir tahun 2023. Hal itu tercermin dari pembiayaan korporasi pada Desember 2023 yang meningkat dari periode sebelumnya.

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan, Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi pada periode Desember 2023 sebesar 18,4 persen. Angka itu naik drastis dari periode November 2023 yang sebesar 14,9 persen.

“Peningkatan kebutuhan pembiayaan korporasi terutama didorong oleh peningkatan kebutuhan pada sektor Industri Pengolahan dan sektor Perdagangan,” kata Erwin dalam keterangan tertulis yang dikutip Holopis.com, Jumat (19/1).

Adapun sumber pembiayaan korporasi terutama berasal dari dana sendiri, diikuti pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik dan pembiayaan dari perbankan dalam negeri.

Tak cuma itu, Erwin juga memaparkan penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Desember 2023 terindikasi meningkat, dengan SBT yang tercatat sebesar 73,3 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan SBT pada bulan sebelumnya sebesar 70,4 persen.

“Faktor utama yang memengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain,” katanya.

Sementara itu, untuk keseluruhan triwulan IV 2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan juga diprakirakan bakal tetap tumbuh.

Kemudian dari sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru pada Desember 2023 juga terindikasi tetap tumbuh dibandingkan bulan sebelumnya, dengan mayoritas pembiayaan berasal dari bank umum.

“Selain perbankan, sumber pembiayaan yang menjadi preferensi rumah tangga antara lain koperasi dan leasing,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).