Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizBEI Bidik 1 juta Investor Saham Syariah Baru Tahun Ini

BEI Bidik 1 juta Investor Saham Syariah Baru Tahun Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia Iman Rachman mwnyoroti minimnya investor saham syariah di pasar modal Indonesia. Padahal jumlah penduduk muslim Indonesia per 2023 mencapai lebih dari 240 juta atau sekitar 85 persen dari total penduduk Indonesia yang mencapai 278 juta.

Berdasarkan data November 2023, jumlah investor saham syariah baru sebanyak 136.000 orang atau setara 2,6 persen dari total investor di bursa saham yang tercatat sebanyak 5 juta orang.

Melihat data tersebut, potensi pasar modal syariah sejatinya masih cukup menarik. Untuk itu, Iman menegaskan pihaknya akan menargetkan muculnya investor saham syariah baru sebanyak 1 juta hingga akhir tahun 2024 ini.

“Kami harapkan dengan pembukaan RDN (rekening dana nasabah), mudah-mudahan targetnya adalah di akhir tahun jumlah investor syariah bisa tembus di atas 1 juta,” kata Iman dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (10/1).

Apabila melihat data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2022 menunjukkan tingkat literasi keuangan pasar modal Indonesia adalah sebesar 4 persen, dan inklusi keuangan di angka 5,19 persen.

Sementara literasi keuangan syariah Indonesia baru sebesar 9,14 persen. Angka itu cukup terpaut jauh bila dibandingkan dengan literasi keuangan konvensional yang telah mencapai 49,6 persen.

Meski begitu, pasar modal syariah di Tanah Air saat ini sudah semakin maju dan diminati. Hal ini tercermin dari jumlah saham syariah yang tercatat di BEI, dimana terdapat peningkatan sebesar 50 persen lebih selama 5 tahun terakhir.

“Dari 399 saham syariah pada 2014 menjadi saat ini 623 saham syariah, jumlah saham syariah ini merupakan 69 persen dari total saham tercatat di sebanyak 903 perusahaan,” kata Iman.

Sedangkan kapitalisasi pasar saham syariah, lanjut Iman, telah mencapai 52,7 persen dari total kapitalisasi pasar saham di BEI dengan nilai rata-rata transaksi harian 55 persen, dari rata-rata transaksi harian seluruh saham di BEI.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).