Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizPembubaran BUMN Sakit Berlanjut Tahun Ini? Ini Kata Wamen

Pembubaran BUMN Sakit Berlanjut Tahun Ini? Ini Kata Wamen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di tahun 2023 lalu telah melakukan bersih-bersih di tubuh BUMN, salah satunya dengan melikuidasi atau menutup perusahaan pelat merah yang sakit secara bisnis dan keuangannya.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko mengatakan, bahwa pihaknya akan melanjutkan kembali langkah tersebut. DIa memastikan pihaknya akan menutup perseroan yang dari segi bisnis dan keuangan sudah tidak dapat diperbaiki lagi.

Kendati begitu, Tiko menyebut bahwa pihaknya masih akan memantau perusahaan-perusahaan hingga sembilan bulan pertama 2024. Apabila selama periode sembilan bulan itu tidak ada perbaikan secara signifikan, maka likuidasi perusahaan akan menjadi opsi.

“Tadi saya bilang, kalau misalnya tidak bisa diperbaiki, tidak bisa ditransformasi, kita akan menambah penutupan lagi. Tapi kita lagi liat sampai di sembilan bulan ini seperti apa,” ujar Tiko dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (8/1).

Kendati begitu, Tiko belum dapat memastikan bahwa pembubaran BUMN ‘sakit’ bisa dilakukan tahun ini. Sebab, masih dalam tahap kajian dan pemantauan kinerja perusahaan.

“Belum, belum, lagi kita kaji, tapi nanti kita lihat,” ucapnya.

Berdasarkan data yang ada,Kementerian BUMN diketahui telah menutup tujuh dari 22 BUMN yang sakit. Diantaranya,yakni PT Iglas, PT Industri Sandang Nusantara, PT Istaka Karya, PT Kertas Kraft Aceh, PT Kertas Leces, PT Merpati Nusantara Airlines, serta PT Pembiayaan Armada Niaga Nasional (PANN).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).