JAKARTA, HOLOPIS.COM – Mulai Senin (20/9) hingga Senin (3/10), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro akan menggelar Operasi Patuh Jaya 2021. Dalam operasi tersebut, ada empat target utama.

Diantaranya, segala bentuk kerumunan masyarakat yang berpotensi menjadi cluster COVID-19 dan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

“Pertama, memutus mata rantai penyebaran COVID-19 serta mencegah kerumunan massa,” ujar Kombes Sambodo Yugo Purnomo, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Yugo Purnomo dalam keterangannya, Minggu (19/9).

Target selanjutnya, yakni menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalur-jalur titik rawan macet dan titik rawan pelanggaran. Beberapa titik tempat wisata, juga akan diterapkan hal serupa.

“Kemudian, Operasi Patuh Jaya kali ini juga diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas. Yang terpenting, Operasi Patuh Jaya kali ini diharapkan dapat menurunkan level PPKM di wilayah Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali,” jelas Sambodo.

“Ketiga, masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas dan beberapa lokasi rawan macet, rawan laka lantas dan terpenting rawan kerumunan,” tegas Sambodo.

“Kemudian meningkatkan disiplin masyarakat dalam lalu lintas. Terakhir, mencegah penyebaran virus COVID-19 serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang baik,” pungkas Sambodo.