BerandaNewsEkobizBegini Skenario Pemerintah Geber Produksi Minyak RI Demi Tekan Impor

Begini Skenario Pemerintah Geber Produksi Minyak RI Demi Tekan Impor

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, bahwa pihaknya tengah berupaya untuk mendorong produksi minyak dalam negeri.

Salah satu upaya yang ditempuhnya yakni dengan mendorong pengembangan migas non konvensional (MNK), salah satunya di ladang minyak Blok Rokan.

“Minyak kan kita sekarang lagi mengupayakan di Rokan, bulan Juni mudah-mudahan hasil kajiannya bisa ada kesimpulan,” kata Arifin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (5/1).

Arifin mengatakan, bahwa sejauh ini baru Blok Rokan yang memiliki potensi MNK yang menarik untuk dikembangkan. Ia menuturkan, sudah perusahaan yang tertarik untuk menggarap MNK. Namun sejauh ini baru sebatas pembicaraan saja.

Penerbit Iklan Google Adsense

Untuk diketahui, sumur minyak pertama yang menjadi sumur eksplorasi MNK di Blok Rokan tersebut adalah Sumur Gulamo. Pengeboran sumur ini diresmikan Menteri ESDM Arifin Tasrif pada 27 Juli 2023 silam.

Kala itu, Arifin menyebut bahwa potensi yang ada di Blok Rokan harus dieksploitasi untuk meningkatkan produksi minyak dalam negeri, yang akhirnya menjamin ketahanan energi nasional untuk masyarakat.

“Ini adalah momen pertama untuk bisa memanfaatkan potensi yang cukup besar yang kita miliki dan memang harus kita eksploitasi agar kita bisa menjamin ketahanan energi nasional untuk masyarakat,” ujarnya kala itu.

Arifin pun menyebut, potensi MNK yang ada di Blok Rokan mencapai 1,28 miliar barel. Dimana jika potensi dimanfaatkan dengan optimal, maka akan bisa mengurangi impor minyak Indonesia yang mencapai 1 juta barel.

Pengeboran Sumur Gulamo Eksplorasi MNK, imbuh Arifin, diharapkan tidak berhenti hanya pada tahap uji sampel dan analisa sumur saja, melainkan juga harus dilanjutkan ke depannya.

“Usai uji sampel dan analisa dilanjutkan sebagai sumur pilot fracturing hingga dapat membuktikan produktivitas dan awal pengembangan MNK di Indonesia,” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS