HOLOPIS.COM, JAKARTA – Denmark membuka tahun 2024 dengan pergantian yang membuat semua masyarakatnya terkejut. Setelah memegang tahta selama 52 tahun, Ratu Denmark, Margrethe II memutuskan untuk mundur dari tahtanya.

Pengumuman mendadak yang ia lakukan pada malam tahun baru membuat masyarakatnya masih terkejut hingga saat ini.

Pembicaraan terkait keputusan mengejutkan Ratu Margrethe II itu masih menjadi trending topik di berbagai media sosial, terpantau Holopis.com, Rabu (3/1).

Pada malam tahun baru (31/1), Ratu Margrethe II mengumumkan keputusan ini kepada masyarakatnya, serta dunia, melalui sebuah rekaman yang berisi pidato.

“Dalam dua minggu ini, saya telah menjadi Ratu Denmark selama 52 tahun,” kata Ratu Margrethe II.

Ia mengatakan waktu itu bukanlah waktu yang sebentar dan pastinya akan memberikan banyak kesan untuk orang banyak, bahkan untuk dirinya sendiri.

“Durasi sedemikian rupa akan memberikan kesan kepada siapapun, bahkan untuk saya. Waktu semakin terbuang, jumlah kesulitan semakin meningkat. Seseorang tidak bisa melakukan sebanyak hal yang bisa ia lakukan di masa lalu,” kata Ratu Margrethe, mengisyaratkan ia sudah tidak se-efisiesn ketika masih muda.

Ia menceritakan bahwa pada bulan Februari ini, Ratu Margrethe menjalani operasi punggung. Operasi itu pun berjalan lancar. Namun, operasi itu justru membuatnya berpikir.

Ia pun mempertimbangkan apakah sudah saatnya memberikan tanggung jawabnya sebagai ratu kepada anak sulungnya.

“Pada 14 Januari 2024 nanti, setelah 52 tahun saya meneruskan tahta dari ayah saya, saya akan mengundurkan diri dari Ratu Denmark, dan menyerahkan tahta ke anak saya, Pangeran Frederik,” kata Margrethe.

Sebagai informasi, Ratu Margrethe II menerima tahta pada 14 Januari 1972 setelah ayahnya, Raja Frederik IX meninggal dunia. Ia adalah Ratu yang bertahta paling lama kedua, setelah mendiang Ratu Elizabeth II.

Reaksi Masyarakat Denmark

Melihat Ratu Denmark yang mereka kenal seumur hidup turun tahta, ternyata membuat masyarakat Denmark langsung emosional.

Dalam sebuah video viral di Tiktok, mereka sendiri juga tidak sadar bahwa keputusan Ratu Margrethe II ini ternyata membuat mereka benar-benar sedih.

Ketika beramai-ramai masyarakat Denmark menyaksikan Ratu mereka mengundurkan diri, semua langsung teriak tak percaya.

@nakedforlikes

Danish Queen Margrethe II surprise abdication in new years speech after 52 years on the throne, dorm reaction #queenmargrethe #royal #dronningmargrethe #kongehuset #newyear

♬ original sound – Thor

“Dia mengambil kalimat new year new me sangat serius,” kata @hahahgggg.

“Ternyata banyak banget reaksi, masyarakat Denmark sepetinya sayang banget sama Ratunya,” kata @clxst.

“Dia Ratu yang baik, dan orang yang baik,” kata @fotographer_.

“Ini bagus sih, jadi dia masih hidup dan bisa memberikan (Frederik) nasihat ketika dibutuhkan,” kata @Kristina5marie.