Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Rizal Ramli, Sang Rajawali Ngepret Berpulang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rizal Ramli dikebarkan meninggal dunia pada hari ini, Selasa 2 Januari 2024. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di usia yang ke 69 tahun usai dirawat di Rumah Sakit Cipta Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat.

Semasa hidupnya, ia banyak berkiprah dan berkontribusi untuk kemajuan Indonesia. Salah satunya ketika menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri Republik Indonesia di masa kepemimpinan almarhum KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Masih di era kepemimpinan Presiden Gus Dur, Rizal Ramli juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) yakni tahun 2000 – 2001. Selanjutnya ia diminta menjadi Menko Ekuin, lantas menjadi Menteri Keuangan di Kabinet Persatuan Nasional kepemimpinan Gusdur dan Megawati Soekarnoputri.

Pasca itu, ia tidak pernah lagi menduduki jabatan publik. Hingga akhirnya pada era pemerintah Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla di Kabinet Indonesia Kerja, Rizal Ramli didapuk untuk menduduki jabatan sebagai Menteri Koordinator bidang Kemaritiman (Menko Maritim). Namun jabatan yang diduduki Rizal Ramli tak berlangsung lama, sejak menjabat pada Agustus 2015, ia pun akhirnya tercongkel dari jabatannya di 27 Juli 2016.

Namun ada yang menarik dari sosok Rizal Ramli, yakni soal julukannya sebagai Rajawali Ngepret. Dalam penjelasannya, julukan itu didapatnya usai mengisi pidato di saat menjadi Menko Kemaritiman dan Sumber Daya.

“Begitu dilantik, saya pidato kan, langsung kita kepret dua hal, satu saya minta pembelian pesawat long range garuda dihentikan, karena ini bakal ngerugi nih. Yang kedua, proyek listrik 35.000 watt supaya di-scale back, nanti PLN rugi,” cerita Rizal Ramli pada bulan Juni 2021.

Bahkan, Rizal Ramli juga tercatat pernah menyelamatkan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dari kebangkrutan tanpa menyuntik uang tetapi melalui revaluasi asset, sehingga modal yang dari minus 9 Triliun Rupiah melonjak menjadi surplus 119,4 Triliun Rupiah.

Semasa kecil, Rizal Ramli pernah mengenyam pendidikan di SMA Kota Bogor, hingga kemudian menempuh pendidikan S1 di jurusan Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB). Walaupun belajar fisika, namun ia justru mendapatkan gelar doktor ekonomi dari Universitas Boston di tahun 1990.

Demikianlah sekelumit cerita Rizal Ramli. Dan berikut adalah biodatanya ;

Nama Lengkap : Rizal Ramli
Tempat, Tanggal Lahir : Padang, 10 Desember 1954
Meninggal Dunia : Jakarta, 2 Januari 2024
Usia : 69 tahun

Istri :
– Almh. Herawati Moelyono (menikah 1982, wafat 2006)
– Almh. Marijani atau Liu Siaw Fung (menikah 2008, wafat 2011)

Anak :
– Dhitta Puti Sarasvati Ramli
– Dipp Satria Ramli
– Daisy Orang Ramli

Jabatan :
– Komisaris Utama PT Semen Gresik
– Komisaris Utama Bank BNI
– Kepala Bulog
– Menko Ekonomi, Keuangan dan Industri
– Menteri Keuangan
– Menko Kemaritiman dan Sumber Daya

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Profil IShowSpeed, Streamer Populer yang Kunjungi Indonesia

Netizen Indonesia saat ini sedang dihebohkan dengan kehadiran streamer populer IShowSpeed yang sedang menyapa para penggemarnya di Jakarta Indonesia.

Profil : Lily Collins, Si ‘Emily In Paris’ yang Berada di Puncak Karir

Artis Hollywood Lily Collins atau Lily Jane Collins saat ini semakin naik daun berkat perannya di serial populer Netflix, Emily In Paris.

Profil Anindya Bakrie, Ketua Umum Kadin Indonesia Baru

Anindya Bakrie telah resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, menggantikan Arsjad Rasjid.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru