Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizTelan Anggaran Rp140 Miliar, Intip 4 Terminal Tipe A yang Baru Saja...

Telan Anggaran Rp140 Miliar, Intip 4 Terminal Tipe A yang Baru Saja Diresmikan Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan 4 terminal tipe A di provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim), yakni Terminal Purworejo, Mendolo, Patria dan Purboyo, pada hari ini, Selasa (2/1).

Adapun peresmian 4 terminal menelan anggaran sebesar Rp145 miliar tersebut, dilakukan secara simbolik di Terminal Purworejo, yang terletak di Kabupaten Purworejo, Jateng.

Keempat terminal bus kelas atas itu memiliki beragam fasilitas yang dapat memanjakan para penumpang. Tak heran bila anggaran yang dikeluarkan untuk 4 terminal ini terbilang cukup besar.

Adapun secara rinci, sebagaimana dipaparkan dalam video di kanal YouTube Sekretariat Presiden (Setpres), terminal Purworejo merupakan hasil revitalisasi, yang menghabiskan anggaran sebesar Rp30 miliar.

Dengan konsep mix use, terminal yang berdiri di atas lahan seluas 11.9890 m² ini memiliki beragam fasilitas, diantaranya yakni area komersial bagi UMKM, pusat kuliner, pusat perbelanjaan, serta gedung serbaguna.

Kemudian untuk terminal selanjutnya yang diresmikan Jokowi yakni Terminal Mendolo. Terminal yang terletak di Kabupaten Wonosobo ini diketahui menghabiskan anggaran sebesar Rp20 miliar. Terminal ini merupakan hasil revitalisasi di atas lahan seluas 29.319 m².

Sama seperti terminal lainnya, terminal satu ini memiliki beragam fasilitas. Bahkan, terminal ini memiliki fasilitas tempat istirahat bagi para pendaki gunung. Sebab, sebanyak 60 persen dari total penumpang di terminal ini merupakan para pendaki.

Terminal lainnya yang diresmikan Jokowi pada hari ini adalah Terminal Patria yang berada di Kabupaten Blitar, Jatim.

Terminal ini berdiri di atas lahan seluas 3.950 m², dengan anggaran revitalisasi yang mencapai Rp65 miliar. Setelah direvitalisasi, volume kendaraan di terminal ini saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) diklaim meningkat hingga 95 persen.

Terakhir, yakni Terminal Purboyo di Kabupaten Madiun, Jatim. Terminal ini mempunyai konsep green building, dimana bangunan didominasi oleh kaca yang tentu akan meminimalisir penggunaan lampu.

Adapun revitalisasi terminal yang diklaim melayani rata-rata sebanyak 500 bus per harinya itu, memakan anggaran sebesar Rp30 miliar. Nantinya, total bus yang wara-wiri di terminal ini ditarget sebanyak 700 bus per hari.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.