HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyambut positif putusan Dewan Pengawas KPK mengenai rekomendasi putusan sidang etik.

Ma’ruf Amin kemudian berharap putusan yang merekomendasikan Firli Bahuri untuk hengkang bisa membuat lembaga anti rasuah itu bisa lebih membaik.

“Kita harapkan KPK ke depan supaya lebih berintegritas, supaya KPK yang sekarang ini dianggap indeks persepsinya buruk, ya ini supaya dikembalikan lagi menjadi lembaga yang kredibel dan disegani,” kata Ma’ruf Amin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (28/12).

“Saya kira itu perlu dilakukan pembenahan-pembenahan ke dalam,” sambungnya.

Putusan yang dikeluarkan oleh Dewan Pengawas KPK pun kemudian mendapatkan rekomendasi dari Ma’ruf Amin karena dianggap telah sesuai dengan harapannya.

“Saya kira itu prosesnya sudah betul ya, Dewas tentu mengevaluasi apa kesalahan dan sudah menyatakan ada pelanggaran ringan, ada sedang pelanggaran etik, dan berat,” ucapnya.

Ma’ruf mengatakan Dewas hanya merekomendasikan Firli untuk mundur dari Ketua KPK. Sementara, kata dia, keputusan pengunduran diri Firli ada di tangan Presiden.

“Nah maksimal memang menurut aturan yang saya dengar di KPK hanya bisa mengusulkan untuk supaya mengundurkan diri, saya kira itu. Nah selanjutnya tentu yang akan menetapkan untuk pengunduran diri itu adalah presiden sesuai dengan aturan,” pungkasnya.