HOLOPIS.COM, JAKARTA – Manchester United secara resmi mengumumkan pelepasan sebesar 25 persen sahamnya kepada Sir Jim Ratcliffe. Setan Merah pun otomatis punya pemilik baru tepat di hari Natal 2023 ini, meski bukan pemegang mayoritas.

Pengumuman tersebut pun kemudian sekaligus menyudahi isu penjualan saham Manchester United, yang berlarut-larut lamanya sejak November tahun lalu.

Sebelumnya diketahui, bahwa Keluarga Glazer selaku pemilik mayoritas saham Manchester United, melego klubnya itu. Kemudian, ada dua pihak yang berniat mengakuisisi saham Setan Merah, yakni diawali investor kaya asal Qatar Sheikh Jassim, lalu menyusul investor domestik Sir Jim Ratcliffe.

Kedua orang kaya tersebut punya tawaran berbeda untuk mengakuisisi Manchester United. Sheikh Jassim mengajukan tawaran yang luar biasa degan berniat mengambil alih seluruh mayoritas saham Manchester United. Sedangkan Sir Jim Ratcliffe yang berniat membeli saham sebagian mayoritas saham saja.

Keluarga Glazer kemudian mempertembingkan lebih banyak untuk proposal pengajuan Sir Jim Ratcliffe, karena mereka tak ingin sepenuhnya melepas klub sebesar Manchester United.

Akhirnya, keluarga Glazer menerima proposal 25 persen saham dari Ratcliffe. Kemudian, dikabarkan bahwa Ratcliffe mengeluarkan dana fantastis untuk pembelian saham 25 persen tersebut, yakni senilai 1,25 miliar Poundsterling.

Selain itu, dalam proposal penawaran Ratcliffe juga, terselip janji akan menyediakan sebesar 236 juta Poundsterling untuk berinvestasi ke Stadion Old Trafford.

Dengan demikian, Ratcliffe melalui perusahaannya bernama grup Ineos akan mengendalikan operasional klub. Meski transaksi masih berjalan, namun klub berharap bisa selesai seluruhnya.

“Manchester United plc (NYSE: MANU) hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian yang mana Ketua INEOS, Sir Jim Ratcliffe, akan mengakuisisi 25 persen saham Kelas B Manchester United dan hingga 25 persen saham Kelas A Manchester United dan memberikan tambahan $300 juta yang dimaksudkan untuk memungkinkan investasi masa depan ke Old Trafford,” tulis pengumuman Manchester United, seperti dikutip Holopis.com.

“Sebagai bagian dari transaksi, INEOS telah menerima permintaan Dewan untuk mendelegasikan tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola Klub. Hal ini akan mencakup semua aspek operasi dan Akademi sepak bola pria dan wanita, serta dua kursi di dewan Manchester United PLC dan dewan Klub Sepak Bola Manchester United,” lanjutnya.