Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

23 Anggota TNI-Polri Tewas Ditembak KKB Sepanjang Tahun 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Satgas Damai Cartenz merilis data mereka terkait dengan aksi separatis yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersemjata (KKB) sepanjang tahun 2023.

Kasatgas Damai Cartenz, Kombes Faizal Ramadhani menjelaskan, setidaknya puluhan orang meninggal dunia akibat aksi penyerangan yang dilakukan KKB.

“Korban tewas terdiri dari 20 prajurit TNI, 3 orang anggota Polri, 37 orang masyarakat sipil dengan total korban mencapai 60 orang,” kata Faizal dalam keterangannya pada Rabu (20/12) seperti dikutip Holopis.com

Faizal juga menyebut bahwa dalam rangkaian insiden serangan yang dilakukan KKB setidaknya telah melukai 84 orang. Korban luka tersebut terdiri dari 24 prajurit TNI, 7 polisi.

Faisal kemudian menjelaskan bahwa serangan KKB marak terjadi di Kabupaten Intan Jaya, Yahukimo, Nduga, dan Pegunungan Bintang.

“Dari data tersebut, bulan Agustus merupakan bulan terbanyak kejadian yaitu sebanyak 32 kejadian. Sedangkan wilayah yang paling banyak terjadi kejadian adalah kabupaten Yahukimo sebanyak 38 kejadian,” bebernya.

Selama tahun 2023, Faizal menyatakan ada dua kasus yang menjadi sorotan aparat keamanan. Pertama, kasus penyanderaan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, lalu pembunuhan aktivis perempuan Papua Michelle Kurisi Doga.

Sementara itu, selama tahun 2023 ini juga Satgas Damai Cartenz berhasil menyita sejumlah barang bukti dari tangan KKB. Barang bukti itu terdiri senjata api (senpi), amunisi, dan magasin.

“Kami telah berhasil menduduki atau menguasai sebanyak 42 titik markas KKB,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dugaan Kebocoran Data, DJP Imbau Wajib Pajak Jaga Keamanan Data

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah adanya dugaan kebocoran data pada sistem mereka. Hal itu sebagaimana disampaikan Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Dwi Astuti.

Jokowi Salahkan Keteledoran Manusia Penyebab Kebocoran Data Terjadi Lagi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi terjadinya kembali fenomena kebocoran data yang kali ini adalah data NPWP Kementerian Keuangan.

DJP Bantah 6 Juta Data NPWP Bocor

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah adanya dugaan kebocoran 6 juta data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru