Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Bagi-bagi Tambahan Anggaran, Paling Banyak ke Menteri Basuki

Jokowi Bagi-bagi Tambahan Anggaran, Paling Banyak ke Menteri Basuki

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo Jokowi (Jokowi) membagikan tambahan anggaran untuk sejumlah Kementerian/Lembaga (K/L) menjelang tutup buku akhir tahun 2023 ini. Terdapat 6 Kementerian dan 2 Lembaga yang mendapat anggaran tambahan dengan total nilai mencapai Rp81,5 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa penambahan anggaran paling besar ditujukan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan besaran Rp 46,3 triliun.

Sri Mulyani menyebut, alasan pemerintah menambah anggaran ke Kementerian di bawah kepemimpinan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono karena adanya program perbaikan jalan rusak dan penanganan bencana alam di daerah.

“Karena PUPR mendapat tambahan penugasan berdasarkan prioritas yang ditetapkan Presiden, seperti penanganan jalan,” tuturnya dalam konferensi pers APBN KiTa, Jumat (15/12) yang dikutip Holopis.com.

Selain PUPR, Kementerian Sosial (Kemensos) juga memperoleh tambahan anggaran dari Presiden Jokowi di tahun ini], yakni sebesar Rp9 triliun.

Tambahan anggaran kepada Kemensos ini, kata Sri Mulyani, tak lepas dari situasi ekonomi yang membutuhkan adanya bantuan sosial (bansos) untuk meringankan beban masyarakat.

“Untuk Kemensos tahun ini ditambah Rp 9 triliun, karena ada paket bantuan El Nino dalam bentuk BLT,” ucap Bendahara Negara itu.

Tak cuma itu, anggaran tambahan juga diberikan untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Ristek dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), dengan besaran anggaran mencapai Rp 4,1 triliun.

Sri Mulyani menjelaskan, anggaran tersebut digunakan untuk pengadaan sarana prasarana perguruan tinggi, pendidikan dan pelatihan vokasi, serta tunjangan profesi guru dan dosen non-PNS.

Kemudian Kementerian Kesehatan (Kemenkes), juga mendapatkan anggaran tambahan sebesar Rp 11,6 triliun. Anggaran akan digunakan membayar klaim pasien Covid-19 dan percepatan penurunan stunting.

Kementerian Agama juga mendapat tambahan anggaran sebesar Rp 1,7 triliun. Anggaran ini digunakan untuk peningkatan layanan ibadah haji. Kemenkeu memberikan tambahan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun ke Kementerian ESDM untuk program konversi motor listrik.

Adapun untuk lembaga yang menerima tambahan anggaran salah satunya yakni Badan Pangan Nasional (Bapanas). Pemerintah memberikan anggaran tambahan sebesar Rp 3,9 triliun dengan maksud untuk mengakompodir program bantuan pangan berupa beras kepada masyarakat.

Terakhir, lembaga yang mendapat suntikan anggaran yakni Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dengan tambahan anggaran sebesar Rp 3,6 triliun. Anggaran ini dipakai untuk bantuan stimulan rumah akibat bencana gempa yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.