HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah tomat adalah jenis bahan makanan yang tidak sulit ditemukan di masakan-masakan Indonesia. Tomat, biasanya sering menjadi bahan masakan apapun, misalnya seperti sambal, sop, tumis-tumisan, mie goreng, dll.

Meskipun lebih sering menjadi pelengkap masakan, ternyata tomat juga memiliki manfaat kesehatan yang tak kalah dari bahan makanan utama lainnya loh, Sobat Holopis. buah tomat mengandung banyak vitamin C, dan juga bisa menyokong fungsi otak.

1. Sumber Vitamin C

Tomat mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan kulit, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi.

2. Antioksidan Lycopene

Lycopene adalah senyawa antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Antioksidan ini telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

3. Menyokong Kesehatan Mata

Tomat mengandung vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A mendukung fungsi retina dan membantu menjaga penglihatan yang baik, serta melindungi mata dari risiko penyakit mata degeneratif.

4. Mengandung Vitamin K

Vitamin K dalam tomat berperan dalam pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang. Vitamin K juga dapat membantu mencegah osteoporosis dan memperkuat tulang.

5. Menyokong Fungsi Otak 

Tomat mengandung vitamin B kompleks, termasuk tiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), dan asam folat (B9). Nutrien ini mendukung fungsi sistem saraf dan dapat membantu menjaga kesehatan otak.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan likopen dan potassium dalam tomat dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Konsumsi tomat secara teratur telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.