Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Sejarah dan Tema Hari Nusantara, 13 Desember 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Nusantara diperingati pada 13 Desember di setiap tahunnya. Hari besar ini diperingati tak luput dari lahirnya Deklarasi Djuanda mengenai kedaulatan laut Indonesia.

Lantas, seperti apa sejarah Hari Nusantara? dan apa tema yang diusung untuk peringatan di tahun 2023 kali ini? Berikut selengkapnya.

Sejarah Hari Nusantara

Hari Nusantara dirayakan sekaligus memperingati Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957. Deklarasi Djuanda itu sendiri merupakan sebuah pernyataan mengenai wilayah kedaulatan laut Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan oleh Perdana Menteri Indonesia kala itu, yakni Djuanda Kartawidjaya, dimana deklarasi tersebut sekaligus menjadi pelengkap persatuan Tanah Air ini bersama Sumpah Pemuda pada tahun 1928.

Berikut bunyi dari Deklarasi Djuanda itu sendiri :

“Bahwa semua perairan di sekitar, di antara dan yang menghubungkan pulau-pulau yang masuk daratan NKRI adalah bagian-bagian yang tak terpisahkan dari wilayah yuridiksi Republik Indonesia,” bunyi pernyataan.

Terkait hal ini, Indonesia sempat mengusulkan tentang Deklarasi Djuanda, namun sempat ditolak oleh dunia internasional, hal itu terjadi tepatnya pada saat Konvensi PBB pertama mengenai Hukum Laut di Jenewa, Februari 1958.

Kemudian, konsepsi terkait negara kepulauan dapat diterima dan ditetapkan dalam konvensi hukum laut internasional atau disebut UNCLOS (United Nations Convention On The Law of The Sea) oleh PBB pada tahun 1982 silam.

Konvensi Hukum Laur itu resmi ditetapkan PBB mengacu pada Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957.

Kemudian, Deklarasi tersebut kembali dipertegas dalam UU No. 17 tahun 1985 mengenai Pengesahan UNCLOS 1982 bahwa Indonesia adalah negara kepulauan.

Dengan adanya Deklarasi Djuanda itu, maka luas Republik Indonesia secara keseluruhan yakni menjadi 5.193.250 km2, dimana sebelumnya sebesar 2.027.087 km2.

Atas hal itu, maka pada 13 Desember 1999, Hari Nusantara pun pertama kali digaungkan. Kemudian, pada 11 Desember 2001, Presiden Megawati Soekarnoputri melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001, lantas menetapkan bahwa Hari Nusantara diperingati pada 13 Desember di setiap tahunnya.

Tema Hari Nusantara 2023

Dikutip Holopis.com dari situs resmi Kemenhub, Rabu (13/12), Hari Nusantara 2023 mengusung tema ‘Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Marittim dari Titik Nol Jalur Rempah’.

Sementara itu, peringatan Hari Nusantara 2023 kali ini dilaksanakan di Tidore, Maluku Utara.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru