HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam MotoGP 2023, Yamaha tidak memberikan hasil yang bagus. Namun, tim dengan pembalap Fabio Quartararo dan Alex Rins mulai memperbaiki performanya untuk seri balapan MotoGP 2024.

Salah satu yang dilakukan Tim Monster Energy Yamaha, yakni uji coba aerodinamika pada motor YZR-M1 di sesi tes Valencia.

Fabio Quartararo pun mengungkapkan, mulai ada perkembangan khususnya dari aerodinamika motornya. Tapi, masih ada aspek lainnya yang perlu dibenahi Yamaha.

“Kami mencoba sasis baru, tapi tak terlalu bagus, dan (rasa) mesinnya sangat mirip (dengan mesin musim lalu). Sedikit lebih baik tapi hanya sedikit,” kata Quartararo dikutip Holopis.com dari Crash, Minggu (3/12).

Kemudian, Alex Rins yang baru bergabung masih adaptasi dengan Yamaha yang akan digunakan balalan tahun depan. Mantan pembalap Suzuki itu, sepertinya tidak terlalu sulit menyesuaikan diri.

“Itu adalah hari pertama saya bersama tim Yamaha, dan saya sangat senang karena ini hari yang sangat menyenangkan,” ujar Rins.

“Kami menguji banyak hal, dari hal-hal kecil mengenai set-up. Kami hanya mengerjakan aerodinamika. Saya cukup senang karena saya beradaptasi cukup baik dengan motor sejak dini,” tambahnya.

Direktur tim Yamaha Massimo Meregalli mengatakan, Yamaha mengerjakan tiga item berbeda di sesi tes Valencia, dari sistem aerodinamika, mesin 2024, dan juga sasis anyar.

“Satu hari mungkin tidak cukup untuk menyiapkan segalanya dengan sempurna karena kami memiliki begitu banyak hal untuk dicoba, namun secara keseluruhan ini adalah hari yang positif. Kedua pebalap melihat adanya peningkatan, dan ini menegaskan bahwa tindakan kami sudah tepat,” kata Meregalli.

“Kami akan mengirimkan seluruh datanya ke Yamaha Motor Company di Jepang dan Yamaha Motor Racing di Italia, di mana para insinyur Yamaha akan bekerja tanpa lelah buat mempersiapkan langkah selanjutnya untuk tes di Sepang,” pungkasnya.