Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizRI-UEA Sepakat Perluas Kerja Sama Keuangan Islam

RI-UEA Sepakat Perluas Kerja Sama Keuangan Islam

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) melalui Bank Sentralnya masing – masing, yakni Bank Indonesia (BI) dan Central Bank of the United Arab Emirates (CBUAE) telah sepakat untuk memperluas kerja sama di wilayah Bank Sentral.

Perluasan kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dan Gubernur CBUAE, Khaled Mohamed Balama pada 29 November 2023 lalu.

“Kerja sama kedua bank sentral menjadi bagian penting dari capaian dalam pertemuan antara Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan,” kata Perry dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Minggu (3/11).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi dan Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan menggelar pertemuan di sela-sela gelaran COP 28 di Dubai, UEA pada Jumat, 1 Desember lalu.

Perry menjelaskan, nota kesepahaman yang telah diteken olehnya itu merupakan perluasan dari kesepakatan antara BI dan CBUAE pada tahun 2021, dimana kedua bank sentral sepakat berfokus pada kerja sama di bidang sistem pembayaran dan inovasi keuangan digital.

Melalui nota kesepahaman tahun 2023 ini, kedua bank sentral berkomitmen untuk memperkuat kerja sama melalui kerangka yang lebih terstruktur dan sistematis, yang tak hanya pada sistem pembayaran dan inovasi keuangan digital, tetapi pada berbagai area kebanksentralan.

Adapun kerja sama tersebut seperti kerja sama di bidang moneter, makroprudensial, stabilitas keuangan, serta berbagai area ekonomi dan keuangan Islam.

Nota Kesepahaman ini juga menunjukkan komitmen kedua bank sentral dalam memerangi tindakan pencucian uang dan pendanaan terorisme, serta memenuhi rekomendasi Financial Action Task Force (FATF), mengingat Indonesia telah resmi resmi telah menjadi anggota penuh FATF.

“Implementasi kerja sama akan dilaksanakan melalui dialog kebijakan, pertukaran informasi, kerja sama teknis, dan pengembangan kapasitas,” tuturnya.

Lebih lanjut, Perry juga menekankan bahwa nota kesepahaman dengan CBUAE menjadi tonggak penting dalam mempererat hubungan yang tak hanya antara bank sentral kedua negara, tetapi juga hubungan bilateral kedua negara.

“Hubungan baik kedua bank sentral akan memberikan manfaat yang signifikan bagi perekonomian kedua negara,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.