Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

4 Tips Patahkan Stigma Negatif Soal Anak Broken Home

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Stigma negatif yang diterima anak broken home dapat membuatnya merasa hidupnya tidak berharga dan tidak dicintai di lingkungan sekitar. Bahkan, dapat merusak kesehatan mental, emosional jadi bermasalah, depresi dan bunuh diri.

Stigma negatif tentang anak broken home sering dilakukan oleh orang – orang tertentu karena mereka tidak paham mengenai kehidupan yang dialami seorang anak memiliki orang tua yang sudah berpisah. Padahal tidak semua anak broken home menjadi pribadi yang buruk setelah orang tuanya berpisah.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mematahkan stigma negatif soal anak broken home!

  1. Menjadi pribadi yang menyenangkan

Kebanyakan orang beranggapan bahwa anak broken home sering terlihat murung, sedih dan tidak semangat dalam menjalani hidup. Cara yang bisa kamu lakukan untuk mematahkan anggapan tersebut adalah menjadi pribadi yang menyenangkan. Anda harus tetap ceria dan senang dalam melakukan kegiatan apapun dan jangan membawa perasaan sedih dalam diri anda ke semua orang yang ada di sekitar.

  1. Menjadi anak yang hebat dan berprestasi

Ada seseorang yang memandang bahwa anak broken home itu malas belajar, bodoh dan tidak memiliki motivasi untuk menjadi yang terbaik. Anda harus mematahkan stigma negatif tersebut dengan cara berusaha meningkatkan kemampuan dalam diri dan memiliki prestasi untuk menunjukkan bahwa tidak semua anak broken home itu malas, bodoh dan tidak bisa apa – apa.

  1. Memiliki pergaulan yang baik

Beberapa anak yang berasal dari keluarga broken home malah bergaul dengan orang yang rusak dan melampiaskan kesedihannya dengan melakukan hal – hal buruk seperti mengonsumsi obat – obatan terlarang, mengonsumsi minuman keras, seks bebas dan lain – lain.

Tindakan seperti ini membuat seseorang memiliki pandangan yang buruk terhadap anak broken home. Anda harus mematahkan stigma negatif tersebut dengan memiliki pergaulan yang baik dan jangan ikut terjerumus melakukan perbuatan yang tidak senonoh.

  1. Membangun karakter yang baik

Anak broken home sering dinilai tidak memiliki karakter yang baik karena pendiam, tidak suka bergaul, dan lebih suka menyendiri. Padahal kenyataannya, tidak semua anak broken home memiliki karakter yang sama.

Anda bisa mematahkan stigma negatif tersebut dengan cara belajar untuk bisa mulai bergaul dengan beberapa orang, bicara yang sopan dan santun, berbuat baik, saling menolong, menghibur teman, dan menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu, orang akan memandang anda sebagai sosok yang baik.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru