Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Apa Makna ‘Boikot’ Gerakan Musuhi Merk-merk yang Diduga Dukung Israel

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kata boikot saat ini sedang gencar dilakukan terhadap merk-merk populer dunia yang diduga mendukung Israel, baik secara diam-diam hingga terang-terangan. Seiring dengan aksi solidaritas untuk Palestina yang semakin meningkat, masyarakat pun semakin mendukung gerakan boikot untuk merk-merk tersebut.

Secara garis besar, masyarakat memahami bahwa boikot berarti menolak untuk membeli ataupun mengonsumsi suatu produk tertentu. Sebenarnya, apa sih makna kata boikot, dan sejarahnya?

Asal Usul Kata “Boikot”

Kata “boikot” berasal dari nama seorang petani asal Irlandia, Charles C. Boycott, yang pada tahun 1880 menjadi sasaran tindakan protes oleh komunitas setempat. Masyarakat saat itu menolak berinteraksi atau bertransaksi dengan Boycott sebagai bentuk protes terhadap perlakuan yang dianggap tidak adil. Dari situlah, kata “boikot” menjadi simbol tindakan kolektif untuk mengekspresikan ketidakpuasan.

Sebagai Bentuk Protes dan Penolakan

Boikot mencerminkan bentuk penolakan yang lebih luas terhadap suatu ide, produk, atau individu. Ini bisa mencakup penolakan terhadap produk atau merek tertentu, penolakan terhadap institusi atau kebijakan pemerintah, atau bahkan penolakan terhadap individu yang dianggap melanggar nilai atau etika tertentu.

Kekuatan Kolektif dan Solidaritas

Boikot menciptakan kekuatan kolektif di antara masyarakat yang memiliki tujuan atau nilai bersama. Tindakan ini mengandalkan solidaritas dan kesatuan untuk mencapai perubahan atau mendesak suatu tindakan yang diinginkan. Dengan menunjukkan bahwa banyak orang bersatu, boikot dapat memiliki dampak besar terhadap pihak atau kebijakan yang menjadi sasaran.

Saat ini, beberapa merk besar pun sedang mengalami pemboikotan,  baik di Indonesia maupun di dunia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru