Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Awas! Kehadiran AI Bak Pisau Bermata Dua

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Eksistensi Artificial Intelligence (AI) kini tengah menjadi perhatian masyarakat luas. Salah satu yang ikut bersinggungan adalah kelompok jurnalis.

Menurut peneliti Monash Climate Change Communication Reserach Hub Derry Wijaya, kehadiran teknologi kecerdasan buatan ini bagaikan pisau bermata dua.

“AI seperti dua sisi pisau. Bisa membunuh atau memasak,” kata Derry dalam diskusi Komunikasi, Jurnalisme, AI dan Digitalitasi dalam Isu Lingkungan ‘ Greenpress Community’ yang diadakan  SIEJ di Usmar Ismail Hall, Jakarta Selatan, Rabu (8/11) yang dikutip Holopis.com.

Derry menjelaskan, produk yang dihasilkan oleh AI ini bisa dipergunakan untuk hal yang baik atau buruk.

“AI bisa dihasilkan untuk missinformasi atau melawanya,” ucap Derry.

Apabila dipergunakan dengan baik, lanjutnya, AI bisa memfilter informasi hoaks dan ujaran kebencian yang selama ini tersebar luas di dunia maya.

Derry mencontohkan, banyak missinformasi yang terjadi di media sosial saat pendemi COVID-19. Terutama saat kasus meningkat beberapa waktu lalu.

“Semakin panik orang semakin naik missimformasi. Seperti waktu Covid-19 saat kasus naik justru missinformasi naik juga. Ini akan berpengaruh terhadap penyakit lain,” ungkap Derry.

Sementara itu, Communication Lead Microsoft Indonesia, Karen Kusnadi menyebut, bahwa Generatif AI merupakan kemampuan teknologi yang memproduksi sesuatu berupa konten. 

“Kita bisa menggunakan generatif AI untuk membuat tulisan dan sebagainya,” jelas Karen.

Dia pun mengibaratkan generatif AI ini sebagai asisten dan co pilot. “Kita lah yang tetap memberikan keputusan atau kita adalah pilotnya.

Kita yang paling tau ini paling tepat atau tidak. Karena generatif AI hanya memberikan rekomendasi,” tutur Karen.

Ia mengingatkan, agar AI tidak membuat jurnalis menjadi ‘malas’ dalam mencari data hingga dengan mudah menyebarluaskannya ke masyarakat.

“Semua kembali ke kita. AI hanya memberikan insgiht. Kita harus menentukan apakah ini layak atau belum dipublikasikan,” pesan Karen.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru