Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Survei LANSKAP : Publik Masih Yakin Jokowi Netral di Pilpres 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur eksekutif Lembaga Survei dan Analisa Kebijakan Publik (LANSKAP), Mochammad Thoha menyampaikan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia masih percaya bahwa Joko Widodo bakal netral di Pilpres 2024, khususnya terkait dengan penggunaan jabatannya sebagai Presiden.

“Sebanyak 51,7 persen public di empat provinsi berpendapat pemerintahan Joko Widodo akan netral pada kontestasi Pemilu 2024 nanti,” kata Thoha dalam rilis surveinya, Rabu (8/11) seperti dikutip Holopis.com.

Sementara data yang ragu-ragu bahwa Presiden Jokowi bakal netral ada 22,9 persen. Disusul yang yakin Jokowi bakal ikut campur alias cawe-cawe ada di 20 persen. Lalu untuk mereka yang tidak menjawab pertanyaan itu ada 5,4 persen.

Menurutnya, publik masih percaya bahwa Presiden Joko Widodo tidak akan menyalahgunaan jabatannya untuk sekadar meloloskan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden di 2024.

“Publik cukup optimistis dengan netralitas pemerintahan dalam perhelatan pesta demokrasi. Apalagi saat ini informasi sangat cepat dan terbuka berkat internet. Pengawasan publik terhadap hal-hal publik sangat masif,” tuturnya.

Survei ini diambil menggunakan sample 880 responden yang ada di 4 (empat) provinsi di Pulau Jawa, yakni di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rentang waktu yang digunakan dalam pengambilan sample adalah 26 Oktober – 2 November 2023 dengan direct interview.

Metodologi yang digunakan adalah probability sampling dan multistage random sampling dengan margin of error (MoE) kurang lebih 3,3% dengan tingkat kepercayaan hingga 95%.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru