Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tips Rawat Ginjal Supaya Tetap Sehat, Salah Satunya Hindari Rokok dan Minuman Alkohol

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ginjal merupakan salah satu organ vital yang sangat berperan penting di dalam tubuh. Maka dari itu, kesehatan ginjal harus dijaga semaksimal mungkin untuk menghindari munculnya penyakit yang berbahaya.

Cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan memenuhi keperluan cairan tubuh secara rutin. Sebaiknya, anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter, mengonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga dan masih banyak hal lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips bagi sobat Holopis untuk bisa menjaga kesehatan ginjal dengan baik!

  1. Menjaga pola makan yang sehat

Cara untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Anda dapat memilih makanan yang dapat menjaga kesehatan ginjal yang memiliki kandungan ion seimbang. Misalnya, mengonsumsi buah dan sayur karena dapat membuat ginjal tetap sehat.

  1. Mengonsumsi air putih

Ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah dan memiliki peran dalam produksi urine ini memerlukan asupan air putih yang banyak di dalam tubuh. Minum air putih dapat membantu ginjal dalam membentuk urine. Air putih sangat berguna untuk ginjal karena dapat memudahkan proses ekresi zat beracun pada ginjal yang akan dikeluarkan melalui urine.

  1. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi bisa memberikan efek yang buruk pada ginjal sehingga penting untuk membuat tekanan darah tetap stabil. Cara yang dapat dilakukan dalam menjaga tekanan darah adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam lebih dari 2.000 miligram atau 1 sendok teh perhari dan anda harus mengendalikan pikiran supaya jangan terlalu stres karena itu akan mempengaruhi tekanan darah juga.

  1. Hindari rokok dan minuman alkohol

Menerapkan gaya hidup dengan merokok atau mengonsumsi minuman alkohol dalam jumlah banyak dapat menjadi pemicu naiknya tekanan darah dan merusak ginjal. Rokok yang mengandung zat beracun dapat menghambat peredaran darah. Lalu, saat darah mengalami hambatan itu dapat mempersulit ginjal dalam melakukan proses penyaringan.

  1. Rajin berolahraga

Cara menjaga kesehatan ginjal lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga yang rutin. Menerapkan olahraga yang rutin dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga ginjal akan lebih mudah dalam melakukan proses penyaringan darah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru