HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda – beda. Ada yang mudah menerima keadaan dan ada juga yang merasa tidak adil dengan kejadian yang menimpanya.

Wajar jika manusia memiliki perasaan sedih, marah, dan kecewa karena menerima respon yang negatif dari orang – orang di sekitarnya. Bahkan diperlakukan tidak baik oleh orang terdekat. Hal ini bisa membangun rasa benci dalam dirimu.

Di satu sisi merasa emosi dengan perbuatan seseorang, tetapi di sisi lain ingin hidup tenang tanpa membencinya dan ingin bisa memaafkannya.

Berikut ini ada beberapa cara dari Holopis.com yang bisa membantu kalian untuk belajar memaafkan kesalahan orang lain:

  1. Jangan menyimpan dendam

Sakit hati atau merasa tersinggung setelah mendengar perkataan orang lain yang negatif tentang dirimu itu akan berpotensi menimbulkan rasa benci. Jika kamu berniat untuk memaafkan kesalahannya, kamu harus melepaskan rasa sakit dari hatimu dan jangan menyimpan luka di hati terlalu lama karena itu akan membuatmu benci dengannya.

  1. Melihat dari sisi kebaikan

Dalam bersosialiasi sesama umat manusia tidak selamanya berjalan mulus. Ada saatnya hubungan kalian retak karena permasalahan yang tidak bisa diselesaikan secara baik – baik. Lalu, menjadi marah dengannya. Cara untuk memaafkan seseorang adalah berusaha untuk mengingat kebaikan – kebaikan yang pernah dilakukannya. Jangan hanya mengingat satu masalah yang diperbuatnya.

  1. Melakukan konsultasi dengan orang yang ahli di bidangnya

Cara yang bisa kamu lakukan supaya bisa berdamai dan ingin memaafkan kesalahan orang lain adalah dengan melakukan konsultasi terhadap psikolog, pendeta, atau orang yang lebih profesional untuk bisa mendapat saran yang tepat agar lebih memahami keadaan dan bisa mengampuni orang lain.

  1. Waktu segera berlalu

Waktu terus berjalan, maka perlahan – lahan suasana hatimu akan berubah. Kamu pasti bisa memaafkan orang yang pernah menyakitimu saat kamu sudah benar – benar lupa dengan masalah yang pernah terjadi antara kamu dengan seseorang yang pernah membuatmu marah.