HOLOPIS.COM, JAKARTA – Seseorang yang mengalami depresi cenderung besar keinginannya untuk mengakhiri hidup. Mereka nekat bunuh diri karena memiliki masalah hidup yang cukup berat dan beranggapan bahwa bunuh diri adalah cara terbaik yang bisa menjauhinya dari rasa sakit.

Ketika memiliki beban hidup dan tidak bisa mengatasi masalah yang terjadi dalam hidupnya, sebaiknya sobat Holopis lebih empati dan bisa membantu seseorang supaya mengurungkan niatnya untuk bunuh diri. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegah tindakan bunuh diri!

  1. Menjadi pendengar yang baik

Ketika temanmu sedang menceritakan masalah yang menimpanya atau mengutarakan perasaannya. Sebaiknya kamu jangan langsung memotong pembicaraannya dan jangan langsung memberi saran karena kemungkinan temanmu hanya ingin curhatannya didengar dan dipahami.

  1. Memberinya dukungan dan semangat

Seseorang bisa memiliki pemikiran untuk mengakhiri hidupnya karena merasa kesepian dan sendirian. Maka dari itu, beri dukungan atau kata – kata penuh semangat bahwa ia telah berusaha dengan baik dan katakan bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Dengan begitu, dapat membantunya untuk tetap bertahan hidup.

  1. Memulihkan kondisi psikis atau mental

Biasanya seseorang yang depresi memiliki ekspresi wajah yang datar, lesu, atau sedih sedang berpikir untuk bunuh diri karena lelah menjalani hidupnya. Supaya bisa mengatasi kondisi itu, anda bisa memberinya solusi dengan mengajaknya untuk melakukan konsultasi ke psikolog atau konseling dengan orang yang religius. Sehingga dapat membantu temanmu untuk merubah keputusannya yang berkeinginan menyudahi hidupnya.

  1. Jangan menghakimi

Saat temanmu dalam kondisi terpuruk dalam hidupnya dan mengatakan ingin bunuh diri. Anda jangan langsung menghakiminya, memarahinya atau menyebutnya bodoh. Tetapi, berusaha lebih peka dengan memberi pemahaman yang baik kepadanya bahwa jika ia bunuh diri, maka orang – orang yang membencinya akan merasa senang dengan kepergiannya dan itu akan merugikan dirinya sendiri.