Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Punya Muka Berminyak? Begini Tips Perawatannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setiap orang pasti memiliki masalah terhadap kulit terutama di muka yang berminyak karena mencuci muka saja tidak cukup untuk menghilangkan minyak berlebih. Belum lagi, minyak di wajah ini rentan menciptakan jerawat krikil dan batu.

Kulit muka yang berminyak ditandai dengan kulit yang mengkilap dan lengket saat disentuh. Minyak ini disebabkan beberapa faktor lingkungan dan alami seperti genetik, pikiran stres dan perubahan hormon kulit.

Pola hidup tidak sehat pun seperti merokok, mengkonsumsi makan-makan berminyak dan minuman beralkohol lebih cepat menimbulkan minyak di wajah. Efek, buruknya wajah jadi mengkerut.

Berikut cara menjaga wajah berminyak :

Cuci muka secara teratur

Cara paling efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan mencuci muka minimal 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari. Gunakan sabun cuci muka yang bersifat nonkomedogenik dan berbahan lembut agar tidak iritasi.

Saran terbaik, coba belilah produk sabun cuci muka yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, asam betahidroksi, atau benzoil peroksida untuk mengatasi kulit berminyak.

Oleskan pelembap setelah cuci muka

Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap wajah agar tetap terhidrasi. Coba pakai pelembap berlabel oil free untuk mencegah pori-pori tersumbat yang dapat memicu munculnya jerawat.

Gunakan kertas minyak

Kertas minyak dapat menyerap minyak tanpa membuat kulit wajah terasa kering. Cara menggunakannya pun mudah, kamu hanya perlu mengelap wajah dengan lembut menggunakan kertas di  area wajah berminyak.

Pilihlah kosmetik khusus kulit berminyak

Kamu yang memiliki kulit berminyak dianjurkan untuk memakai kosmetik yang berlabel bebas minyak dan berbahan air. Jauhi menggunakan produk kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya yang berbahan dasar alkohol karena dapat menyebabkan iritasi .

Gunakan tabir surya

Apa pun jenis kulitnya, menggunakan tabir surya sangatlah penting dilakukan, terutama ketika beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Agar kulit tidak makin berminyak, pilihlah tabir surya berbentuk gel,berlabel oil free, serta mengandung zinc oxide.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru