HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day diperingati setiap hari Kamis kedua di bulan Oktober. Pada tahun ini, peringatan Hari Penglihatan Sedunia jatuh pada tanggal 12 Oktober 2023.

Dikutip Holopis.com dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, Hari Penglihatan Dunia ini diperingati setiap tahunnya demi menyuarakan agar masyarakat lebih memperhatikan kesehatan mata dan menjaganya.

Tema Hari Penglihatan Sedunia Tahun 2023

Tahun ini, Hari Penglihatan Sedunia berfokus untuk menyuarakan pentingnya kesehatan mata di tempat kerja. Hal itu sebagaimana tema yang diangkat pada tahun ini, yakni ‘Love Your Eyes at Work’ atau yang dalam bahasa Indonesia, ‘Sayangi Matamu di Tempat Kerja’.

Perayaan Hari Penglihatan Sedunia di tahun ini lebih bertujuan untuk memberikan dorongan kepada para pengusaha untuk memperhatikan kesehatan mata para karyawannya agar dapat memberikan manfaat bagi keselamatan, kesejahteraan, dan produktivitas para karyawan.

Dengan kata lain, peringatan ini ingin menginisiasi dan memotivasi para pengusaha agar dapat menyediakan perawatan mata yang berkualitas serta memperhatikan kesehatan mata para karyawannya, mengingat mata merupakan salah satu panca indera yang penting bagi manusia.

Sejarah Hari Penglihatan Sedunia

Hari Penglihatan Sedunia ditetapkan oleh International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB) dan WHO untuk menumbuhkan kesadaran tentang gangguan penglihatan hingga kebutaan.

Hari Penglihatan Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1998 silam. Kemudian, berlanjut diperingati setiap tahunnya di seluruh dunia yang diikuti oleh berbagai organisasi, pemerintah, dan profesional yang bergerak merawat mata.

Peringatan hari ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pencegahan penyakit mata, mengadvokasi pentingnya kesehatan mata, dan membantu menyuarakan peningkatan akses layanan perawatan untuk mata yang berkualitas.